background img

INDEKS PERSAINGAN USAHA MENINGKAT

6 days ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mencatat indeks persaingan usaha tahun 2021 di Indonesia mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Tidak terkecuali di Wilayah Kerja Kanwil V yang meliputi Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Kalimantan Barat (Kalbar).

Khusus di wilayah Kaltim, Kepala Kantor Wilayah V KPPU Manaek SM Pasaribu menyebut jika mengalami peningkatan dari 4,51 di tahun 2020 menjadi 4,57 di tahun 2021.

Kondisi ini didukung dengan peningkatan dimensi regulasi yang menandakan Pemerintah Provinsi Kaltim telah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam rangka mendorong terciptanya persaingan usaha yang sehat.

“Ini ditandai adanya kerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota dalam memberikan asistensi kebijakan persaingan usaha yang bertujuan untuk menginternalisasikan prinsip persaingan usaha dalam suatu kebijakan daerah,” kata Manaek SM Pasaribu saat jumpa dengan awak media di kantornya, Rabu (24/11).

Di samping itu, dimensi kelembagaan Provinsi Kalimantan Timur juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2020. Hal ini menandakan Pemprov Kaltim dengan konsisten bekerjasama dengan KPPU dalam melakukan berbagai kegiatan, salah satunya pada sektor kemitraan.

Pada tahun 2021 ini, Pemprov Kaltim bersama KPPU Kanwil V telah membentuk satgas kemitraan peternakan dan melakukan berbagai upaya advokasi terhadap pemangku kepentingan di sektor peternakan.

“Namun, kerja sama ini tidak hanya berjalan di sektor peternakan saja, bersama organisasi perangkat daerah lainnya, KPPU Kanwil V juga melakukan upaya advokasi pada kemitraan di bidang ritel, perkebunan kelapa sawit, perdagangan umum, koperasi, transportasi, dan sektor lainnya,” ungkapnya.

Di sisi penegakan hukum, lanjut Manaek SM Pasaribu, aspek kemitraan UMKM menjadi fokus besar KPPU pada tahun 2021 ini. Terdapat 16 pengawasan kemitraan yang dilakukan oleh KPPU,

di mana lima di antaranya berlokasi di Wilayah Kerja Kanwil V yaitu, Kutai Kartanegara, Kabupaten Kotawaringin, Bulungan, Ketapang, dan PPU.

“Atas peran aktif Pemprov Kaltim dalam pelaksanaan kemitraan dalam bentuk advokasi dan pengawasan serta bersinergi dengan Kanwil V KPPU Balikpapan, pada tahun 2021 Pemprov Kaltim menjadi nominator penerima penghargaan KPPU award,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *