background img

IMTN DIUSULKAN DIHAPUS

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan berencana melakukan pembahasan merevisi Peraturan Daerah No.1 Tahun 2017 tentang Izin Membuka Tanah Negara (IMTN).

tua Komisi 1 DPRD Kota Balikpapan Johny NG mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan pembahasan dengan pemerintah kota untuk mengkaji ulang penerapan IMTN.

Ia menilai penerapan IMTN yang selama ini diberlakukan justru menyulitkan masyarakat dalam pengurusannya.

“IMTN itu tidak lama lagi akan segera dilakukan revisi, dari Komisi 1 DPRD juga sudah membahas dengan pemerintah kota untuk melakukan perubahan terhadap aturan yang ada,” kata Johny kepada wartawan, belum lama ini.

Menurut Johny, pihaknya mengusulkan agar aturan penerapan IMTN di Kota Balikpapan dicabut. Masyarakat yang ingin mengurus kepemilikan tanah cukup menggunakan segel sebagai dasar pengurusan sertifikat di kantor pertanahan.

“Sesuai dengan arahan bapak Walikota juga kemungkinan IMTN itu akan dihapuskan, cukup dengan segel saja. Tapi itu masih kita pelajari dan kita kaji, tapi kalau memang itu bisa lebih baik kenapa tidak!,” ujarnya.

Usulan pencabutan tersebut dilakukan karena aturan IMTN ternyata banyak menimbulkan persoalan di masyarakat. Hal itu terlihat dari banyaknya laporan masyarakat yang masuk ke DPRD, yang melaporkan ketidak jelasan proses pengurusan IMTN.

“Memang IMTN itu belakangan banyak menimbulkan persoalan, karena dinilai menyusahkan masyarakat dalam prosesnya. Kami dari pihak DPRD juga tidak mau menyusahkan masyarakat kalau memang bisa cepat kenapa harus dipersulit. Kami harapkan diganti, cukup menggunakan segel saja.

Kalaupun nanti dalam pengurusan sertifikat pertanahannya timbul persoalan kan tinggal direvisi saja,” ungkapnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *