background img

IBU HAMIL WAJIB RAPID

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan mewajibkan secara bertahap kepada seluruh ibu hamil untuk menjalani rapid test Covid-19.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi ancaman penyebaran cluster keluarga yang terus bertambah di Kota Balikpapan, dengan jumlah pasien terkonfirmasi positif dari ibu hamil yang sudah mencapai 43 orang.

“Ibu hamil wajib melakukan rapid test terutama 2 minggu menjelang kelahiran,” kata Walikota Balikpapan Rizal Effendi selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan kepada wartawan di Kantor Wali Kota Balikpapan, Jumat (2/10).

Ia mengatakan, dari perhitungan sementara tercatat ada sekitar 5.000 ibu hamil untuk periode September dan Oktober tahun ini, yang diwajibkan melakukan rapid test sebelum memasuki masa kelahiran.

“Informasinya ada 5.000 ibu hamil di Balikpapan pada September-Oktober ini. Saya mohon para suami mengingatkan istrinya soal rapid ini,” ujarnya.

Ia memastikan, setiap ibu hamil yang melakukan rapid test menjelang masa kelahiran tidak dikenakan biaya atau gratis.

Pelaksanaan rapid test ibu hamil ini dilakukan melalui masing-masing Puskesmas yang ada di tiap-tiap kelurahan.

“Saya minta agar rapid test ini diikuti, kan gratis di Puskesmas. Agar persalinan berjalan lancar,” ujarnya.

Menurut Rizal, pihaknya tidak bisa melakukan rapid secara massal untuk ibu hamil.

Hal itu disebabkan tanggal untuk melahirkan bagi ibu hamil berbeda-beda.

Sehingga Gugus Tugas sudah menyiagakan petugas di 27 Puskesmas untuk melayani rapid test gratis bagi ibu hamil.

“Rapid test massal ibu hamil tidak bisa dilakukan karena tanggal melahirkan para ibu-ibu berbeda. Intinya dibuka kesempatan di 27 Puskesmas untuk rapid test dengan membawa tanggal taksiran melahirkan 14 hari sebelumnya,” lanjutnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Balikpapan juga memberikan perhatian khusus kepada Perumahan Graha Indah yang warganya banyak terkonfirmasi positif Covid-19.

Karena hampir setiap hari didapatkan kasus terkonfirmasi positif dari perumahan yang terletak di Kecamatan Balikpapan Utara tersebut.

“Ini juga menjadi perhatian kita karena di perumahan Graha Indah hampir tiap hari ada kasus positif Covid-19 yang beralamat di situ,” jelasnya.

(MAULANA/KFPM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *