background img

HUT RI, 16 RUAS JALAN DITUTUP

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan akan menutup 16 ruas jalan dalam rangka memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2020 mendatang.

Sebanyak 16 jalan tersebut ditutup selama 3 menit, mulai pukul 11.17 Wita hingga 11.20 Wita.
Warga yang melintas diminta untuk berhenti dan turun dari kendaraan sebagai bentuk penghormatan menjelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di HUT RI ke-75.
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, kebijakan ini mengikuti arahan dari Menteri Sekretaris Negara yang meminta agar Pemerintah Daerah menghentikan seluruh kegiatan pada peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI.

“Sesuai perintah dari Pemerintah Pusat kita harus menghentikan seluruh kegiatan, yang berada di persimpangan jalan diharap stop, kegiatan masyarakat juga harus berhenti kecuali yang sangat krusial,” katanya ketika diwawancarai wartawan usai melaksanakan simulasi di perempatan Balikpapan Trade Center (BTC), Kamis (6/8).

Kegiatan ini berisi peringatan detik-detik proklamasi, kemudian alarm dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Khusus untuk kondisi yang krusial seperti ambulan dan mobil penanggulangan bencana, pihaknya akan menyiapkan pengawalan agar kendaraan tersebut tetap bisa melintas termasuk menyiapkan jalan alternatif untuk kendaraan tersebut.

“Untuk keadaan emergency atau kegiatan yang krusial tetap diperbolehkan lewat, nanti kita kawal karena itu pengecualian,” ujarnya.
Ia menambahkan, khusus di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, pihaknya akan tetap menggelar upacara untuk memperingati HUT RI ke-75 secara terbatas.

“Kalau di lingkungan Pemerintah Kota sendiri ada kegiatan jam sembilan di lapangan. Undangannya tidak banyak. Hanya sekitar 60 orang,” ujarnya.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *