background img

HUKUM MEMOTONG KUKU DAN RAMBUT BAGI PEKURBAN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Tidak lama umat muslim akan memasuki bulan Dzulhijjah yang artinya sebentar lagi akan merayakan hari Raya Idul Adha.
Hari Raya Idul Adha juga berarti waktu untuk berkurban bagi umat muslim yang mampu.

Salah satu etika ketika hendak berkurban adalah tidak memotong kuku atau rambut, baik itu rambut kepala maupun lainnya yang menempel pada badan. Etika ini dilakukan sejak memasuki tanggal 1 Dzulhijjah atau ketika hari Raya Idul Adha tiba.

“Tidak mencukur rambut dan kuku ini sering menjadi perdebatan di antara kita semua. Beberapa literatur yang saya baca memotong kuku dan memotong rambut untuk pelaksanaan ibadah kurban adalah khusus untuk seseorang yang ingin berkurban. Jadi ketika dia ingin berkurban, contoh dalam tempo sebelum tanggal 1 Dzulhijjah artinya ketika masuk bulan Dzulhijjah dia sudah tidak diperkenankan lagi, disunahkan untuk tidak memotong kuku dan rambut. Sampai kapan? Sampai hewan tersebut dipotong atau disembelih,” kata ustadz Fajar Shofari Nugraha dalam program Sajadah di Radio KPFM Balikpapan, Jumat (25/6).

Menurut ustadz Fajar, dalam ibadah kurban ada beberapa sunnah dan anjuran dalam pelaksanaannya, seperti membaca basmalah kemudian membaca shalawat, mengumandangkan takbir ketika sedang beribadah kurban. Khususnya ketika pelaksanaan pemotongan hewan kurban, kemudian juga binatang hewan kurban tersebut disunahkan untuk dihadapkan ke kiblat. Kalau kita tidak mampu untuk memotongnya minimal kita melihat bagaimana kondisinya.

Selain itu, ia juga menjelaskan beberapa larangan yang dilakukan seseorang yang berkurban, yakni menjual dari daging dan kulit ataupun bagian dari hewan itu sendiri, karena hewan kurban itu sendiri tujuan untuk dimakan sendiri atau dibagikan kepada yang membutuhkan. Bahkan juga tidak diperbolehkan hewan kurban dijadikan upah bagi yang menjagal.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *