background img

HIDUPKAN ZAKAT

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Momentum Ramadan di tengah situasi pandemi Covid-19 ini dapat memberi kesadaran dan makna kepedulian bahwa terkandung pesan sosial yang sangat kental. Ketaatan ritual harus sejalan dengan ketaatan sosial, sekaligus memahami bahwa tanggung jawab sosial bukan hanya dengan menjalankan ketaatan-ketaatan ritual saja, melainkan tanggung jawab dalam kerangka memberdayakan melalui kewajiban berzakat, infak, dan sedekah.

Berzakat, berinfak, dan bersedekah, memang dilakukan untuk membersihkan rezeki yang diperolehnya serta bersyukur atas apa yang dimilikinya. Melaksanakan ibadah puasa dan berzakat di bulan Ramadan harus memiliki rasa empati yang lebih dalam meningkatkan kualitas kepedulian kepada sesama sebagaimana ajaran Islam untuk tolong-menolong.

“Secara faktual harta itu dititipkan oleh Allah kepada para Muzakki. Allah cukupkan bahkan lebihkan hartanya untuk mengasah kedermawanan, untuk mengasah rasa empati bahwa kita harus peduli, kita harus ingat saudara,” kata Ustadz Imam Al Faruq program Lentera Qolbu yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim di Radio KPFM Balikpapan, Rabu (5/5).

Menurutnya, setiap muslim wajib mengeluarkan zakat fitrah apabila persediaan makanan untuk diri dan keluarganya untuk esok hari ketika hari raya Idul Fitri masih tersedia.

Fitrah sendiri artinya di hari yang penuh bahagia di hari dimana sebelumnya seluruh umat Islam yang beriman menahan lapar dan dahaga, bermujahadah untuk berpuasa. Maka di hari yang bahagia itu semua umat Islam harus merasakan kenikmatan kebahagiaan Idul Fitri.

Selain itu, ada juga zakat mall, yang mewajibkan bagi seorang muslim yang harta lebih dari Rp 85 juta dalam satu tahun maka dia wajib mengeluarkan zakat, dengan perhitungan harta yang dimiliki setelah dikurangi kebutuhan pokok yang terdiri dari 5 hal, pendidikan, kesehatan, sandang, pangan dan papan.

“Kebutuhan yang bisa mengurangi harta wajib zakat itu ada 5 hal. Bila masih ada kelebihan baru dipotong 2,5 persen,” terangnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *