background img

HIDUP BAHAGIA MENYAYANGI ORANG TUA

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Merasakan kebahagiaan bukan hanya dengan materi berupa uang atau pun harta. Tapi bisa berkumpul bersama keluarga dengan kondisi sehat merupakan kebahagiaan yang tidak ternilai, apalagi selama pandemi Covid-19 kesehatan menjadi yang utama.

Membahas tentang kebahagiaan, apakah pernah terbersit untuk merasakan hidup yang damai bahagia hanya dengan menyayangi kedua orangtua kita? “Jika kita taat dan patuh kepada orang tua, maka Insya Allah hidup kita akan lebih indah dan berkah,“ ucap Nasrul Hamdi, Lc saat mengisi tausiyah singkat di radio KPFM 95,40 Mhz Balikpapan, Jumat (12/2).

Pada program Sajadah yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim itu, Ustadz Nasrul menjelaskan bahwa berbakti kepada kedua orangtua itu setara dengan Iman kepada Allah dan berjihat di jalan Allah. “Bahkan ada sebuah kisah bahwa seorang anak sedang melakukan salat dan ibunya memanggilnya hingga 3 kali yang membuat ibunya kesal sehingga mendoakan anaknya cilaka. Hingga akhirnya anak itu cilaka.

Yang artinya, mematuhi perintah orangtua merupakan kewajiban yang mutlak,” tambahnya.

Kewajiban anak selain taat dan berbakti kepada orangtuanya adalah menafkahinya terutama jika sudah memiliki penghasilan. “Jika ada orangtua yang meminjam uang kepada anaknya, janganlah kau tagih karena ada hak orangtua dari penghasilan atau harta yang kita punya.

Wajib hukumnya seorang anak menafkahi orangtuanya walaupun anak itu sudah berkeluarga,” katanya.
Nasrul juga menambahkan bahwa jika ingin bersedekah bukan ke orangtua, tapi ke orang lain yang membutuhkan.

Karena orangtua itu dinafkahi bukan disedekahi. Apapun kebaikan kita tidak akan bisa membalas segala hal yang sudah mereka beri kepada anaknya.
”Maka istimewakanlah mereka selagi mereka masih hidup. Karena jika mereka sudah tiada, kita hanya bisa mengirimkan doa tanpa melihat senyumnya,” tutupnya.

(sesil kpfm)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *