background img

HETIFAH AJAK PEMUDA BALIKPAPAN TIDAK GOLPUT

4 years ago written by

BALIKPAPAN KPFM – Pemuda merupakan salah satu pilar terpenting dalam kemajuan suatu bangsa yang kelak akan menggantikan golongan tua dalam segala aspek kehidupan, baik itu dalam sistem pemerintahan, aparatur negara dan juga dalam sistem politik. Begitu yang disampaikan Anggota DPR RI Dapil Kaltim Kaltara Hetifah Sjaifudian saat menggelar forum dengan puluhan pemuda dan komunitas Balikpapan di Royal Suite Hotel, Minggu (25/2).

“Dalam tata sistem politik maupun pemerintahan, pemuda diperlukan untuk dapat berpartisipasi dalam bentuk ide-idenya yang masih segar untuk memberi sesuatu yang baru dalam dunia politik yang saat ini didominasi oleh golongan tua. Maka dari itu, melihat lemahnya partisipasi dari kalangan pemuda yang notabenenya sebagai pemilih baru yang masih minim pengalaman dalam bidang politik, saya mengadakan forum Intimate Discussion bersama para pemuda di Balikpapan,” ujarnya saat diwawancarai KPFM.

Dalam forum tersebut, Hetifah mengakui dari para pemuda Balikpapan menunjukan bahwa mereka masih kehilangan kepercayaan terhadap pemerintah dan lembaga politik. Hal tersebut dinilainya masih wajar karena peristiwa-peristiwa politik yang sudah terjadi. “Tidak salah kalau para anak muda memandang politik itu kotor. Saya pribadi juga tidak mengelak bahwa di dalam dunia politik itu sangat penuh dengan ranjau karena memang sistem politik kita yang masih seperti itu,” sambung Hetifah.

Menurutnya, dilihat dari Undang-Undang Kepemudaan, para pemuda memang harus disiapkan dari sekarang dengan diberi sugesti positif agar punya motivasi untuk menjadi leader beberapa tahun mendatang.

Untuk saat ini mereka bisa menjadi leader di komunitasnya, mungkin nanti ke depannya harus ditingkatkan ke ranah kota atau bisa ke ranah nasional. “Untuk meyakinkan para pemuda mungkin salah satunya lewat forum seperti ini makanya saya tidak langsung to the point pelan-pelan dulu, paling tidak saya sudah memaparkan kepada mereka tentang realita bahwa politik dan pengambilan kebijakan. Yang jelas menjadi politisi tidak harus langsung masuk partai,” paparnya.

Terkait menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), Hetifah berpesan agar para pemuda tidak golput dalam pemilihan umum. Karena ini termasuk momentum penting untuk memilih pemimpin yang dianggap mempunyai integritas dan mampu membangun daerah. Walaupun calon-calon belum tentu memuaskan dan sesuai yang diharapkan, harus tetap memilih yang terbaik dari yang ada. Dan diharapkan bisa tetap proaktif memberi masukan kepada kepala daerah yang terpilih. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *