background img

HERD IMMUNITY TERGANTUNG KETERSEDIAAN VAKSIN

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Herd immunity atau kekebalan kelompok yang dihasilkan dari progran vaksinasi perlu dipercepat agar warga terlindungi dari penyebaran Covid-19. Di Kota Balikpapan, kekebalan kelompok tersebut akan tercapai 70 persen tergantung pada ketersediaan vaksin.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty, Sabtu (7/8). Dikatakan, mencapai herd immunity 70 persen tergantung ketersediaan vaksin dari pusat.

Karena pada dasarnya dinas kesehatan maupun para tenaga kesehatan di Kota Balikpapan selalu siap melaksanakan vaksinasi. Ditambah antusias masyarakat untuk disuntik juga cukup tinggi.

“Kita di Balikpapan sebenarnya tidak ada hambatan, karena mudah aksesnya, lokasi berdekatan, dan minat masyarakatnya untuk divaksin juga tinggi. Jadi, masalah kita untuk mencapai herd immunity 70 persen hanya pada ketersediaan vaksin,” katanya.

Di samping itu, rumah sakit hingga tenaga kesehatan juga selalu siap untuk melakukan penyuntikkan. “Kami siap gotong-royong jika memang vaksinnya ada,” ungkap wanita yang akrab disapa Dio itu.

Vaksinasi pun terus dilakukan, baik oleh dinas kesehatan, TNI, dan juga Polri. Sejauh ini, capaiannya di Kota Balikpapan baru 23 persen untuk dosis satu, dari total sasaran 526.955 orang. Sementara dosis dua pada angka 13,4 persen.

Untuk ketersediaan vaksin, Pemkot Balikpapan telah terpenuhi untuk dosis dua oleh Kementerian Kesehatan. Saat ini juga masih ada stok vaksin untuk dua pekan ke depan.

“Ada 20.360 dosis gabungan. Milik Polri ada 10.500 dan vaksin PUPR 360, Bhayangkara 60 dan Dinkes 9.440 dosis. Tapi ini untuk dosis kedua Kill Covid dan berjalan di puskesmas juga saat ini,” ucapnya.

Vaksinasi dosis pertama rencananya akan kembali digelar pekan depan, karena vaksinasi pekan ini sasarannya adalah dosis kedua, kecuali vaksinasi di pasar. “Memang kami ada prioritas tertentu untuk percepatan,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *