background img

HARGA BAHAN POKOK CENDERUNG TURUN

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Balikpapan jelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah cenderung menurun.
Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Kelandasan Balikpapan Kota, Senin (26/4) siang.
“Dari segi harga kecenderungan turun, kemudian pasokan juga cukup. Jadi situasi pasar saat ini sangat baik,” kata Rizal kepada awak media.
Orang nomor satu di lingkungan Pemkot Balikpapan itu mencontohkan harga telur, dari Rp 2.000 menjadi Rp 1.500 per butir. Begitu juga dengan bawang dengan harga yang masih standar, yakni Rp 29.000 per kilogramnya.
“Cabe rawit juga, tadi masih ada yang Rp 80 ribu per kilogram dan ada juga yang sudah turun Rp 50 ribu. Kalau di Pandansari itu harganya Rp 55 ribu, karena itu pasar induk jadi banyak ngambil ke sana,” ujarnya.
Rizal berharap kondisi tersebut bertahan hingga Lebaran nanti. Sebab ada kecenderungan harga akan naik saat mendekati Lebaran.
“Nanti kita akan lihat lagi mendekati Lebaran. Tapi sekarang ini kita bisa pantau dan lihat langsung bahwa harga menurun dan persediaan cukup baik,” ungkapnya.
Sebagai langkah antisipasi kenaikan harga, Rizal meminta Dinas Perdagangan Kota Balikpapan untuk terus memonitor pergerakan harga kebutuhan pokok setiap harinya.
“Kami juga meminta laporan dari pihak terkait untuk menyampaikan informasi terkait stok bahan kebutuhan pokok,” ucapnya.
Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berbelanja secara berlebihan. Apalagi, untuk disimpan dalam jumlah besar. “Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ketersediaan sembako aman,” tandasnya.
Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *