background img

HANYA 60 PERSEN MEMANFAATKAN SUBSIDI SWAB

4 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Hingga akhir tahun 2020 ini hanya sekitar 60 persen anggaran subsidi dari pemerintah yang telah dimanfaatkan masyarakat untuk membiayai swab test mandiri Covid-19.

Total anggaran yang sudah dialokasikan Pemerintah Kota Balikpapan untuk membiayai subsidi bagi masyarakat yang melakukan swab test mandiri tercatat Rp 2 miliar.

Namun hingga akhir tahun 2020, anggaran yang terserap baru mencapai Rp1,2 miliar atau sekitar 60 persen dari ketersediaan anggaran yang telah disiapkan oleh pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dr. Andi Sri Juliarti yang akrab disapa Dio mengatakan, dari Rp 2 miliar anggaran yang sudah dialokasikan sebagian besar dipergunakan untuk membiayai subsidi bagi masyarakat yang melakukan swab test secara mandiri. Sebagian anggaran itu juga dipergunakan untuk pembelian alat pendukung dalam kegiatan pelaksanaan swab test tersebut.

“Jadi yang telah digunakan itu tercatat mencapai Rp 1,2 miliar. Kalau bicara jumlahnya, ya dibagi saja Rp 900 ribu per 1 kali swab,” kata Dio ketika diwawancarai wartawan, Rabu (30/12).

Berdasarkan laporan tersebut, dari Rp 1,2 miliar anggaran yang telah dipergunakan, ada 1.300 lebih masyarakat yang telah mempergunakan bantuan subsidi swab test mandiri, dengan rincian biaya Rp 900 ribu per sekali swab, sesuai dengan aturan dari Kementerian Kesehatan.

Ia menjelaskan, anggaran yang tersisa akan dikembalikan ke kas daerah sebagai sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa), dalam kegiatan penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Anggaran yang tidak terserap tersebut hingga akhir tahun 2020 ini , maka anggaran tersebut akan dikembalikan,” jelasnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *