background img

GEREJA DISTERILKAN

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Jelang misa malam Natal 2020, gereja dan tempat ibadah di Kota Balikpapan mulai intensif dijaga tim aparat gabungan. Guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi para jemaat untuk bisa beribadah.

Gereja yang digunakan untuk ibadah pada Kamis (24/12) juga disterilisasi oleh Tim Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Kalimantan Timur (Kaltim).

Salah satu lokasi yang disterilisasi yakni gereja Katolik Santa Theresia di Jalan Prapatan, Kelurahan Prapatan, Balikpapan Kota (Balkot).

Dari pantauan KPFM, para anggota Tim Jibom melaksanakan sterilisasi di dalam gereja, samping kanan dan kiri gereja serta halaman tempat parkir kendaraan.

Tim penjinak bom itu juga langsung bergerak melakukan cek semua sudut ruangan yang akan digunakan misa Natal. Termasuk di lantai dua hingga aula gereja.

Kanit Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Kaltim Iptu Adyama Baruna Pratana mengatakan, sterilisasi dilakukan baik secara manual maupun dengan peralatan khusus.

“Peralatan khususnya ada seperti mirror, metal detector, pendeteksi bahan kimia dan radio aktif,” katanya kepada wartawan usai sterilisasi.

Dalam pelaksanaannya, Tim Jibom tidak menemukan barang-barang berbahaya seperti bom dan sejenisnya. “Tidak ada kami temukan. Sehingga harapkannya, para jemaat bisa beribadah dengan aman dan tenang,” ujarnya.

Ada pun total gereja yang disterilisasi sebanyak 13 gereja. “Walaupun atas kertas jumlah gereja ada sekitar 100 lebih, tapi banyak gereja yang tidak melakukan kegiatan ibadah secara langsung, namun virtual,” ungkapnya.

Anggota yang turun, lanjut Iptu Adyama Baruna Pratana, berjumlah sebanyak 20 orang. Kemudian dibagi menjadi dua tim. “Besok pagi juga akan kami lakukan sterilisasi,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *