background img

GEMAR BERINFAQ CIRI ORANG BERTAQWA

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Salah satu ciri orang bertaqwa adalah gemar berinfaq, baik dalam keadaan lapang maupun sempit, saat senang maupun susah, di waktu kaya maupun miskin, dan ini dilakukan secara istiqomah.

Dalam kondisi apapun, orang bertaqwa akan selalu ingin berbagi dan memberi kebaikan kepada sesamanya. Meskipun jumlahnya sedikit, jika dilandasi keikhlasan, semata-mata mencari ridha Allah SWT.

Perintah berinfaq di waktu lapang bertujuan menghilangkan sikap sombong, tamak, serakah, dan cinta harta secara berlebihan. Berinfaq di kala susah bertujuan membangun kesadaran bahwa tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah.

“Apakah diri kita termasuk orang-orang yang bertaqwa atau sifat aku ini sama sekali belum ada pada diri kita. Siapa orang-orang yang bertaqwa itu siapa?

Itu orang-orang yang berinfaq dalam keadaan sulit maupun dalam keadaan lapang apalagi dalam keadaan pandemi ini termasuk kategori dalam keadaan sulit, tapi orang yang bertaqwa masih senantiasa berinfaq. Mudah untuk berinfaq,” kata ustadz Nasrul Hamdi dalam program Sajadah Radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan yang dipersembahkan Dompet Dhuafa Kaltim, Jumat (23/7).

Selain itu, menurut ustadz Nasrul Hamdi, ciri-ciri orang yang bertaqwa adalah mereka bisa meredam amarahnya, menahan emosinya agar tidak mau memuncak.

“Punya (amarah) tapi dia bisa meredamnya dan juga dia merupakan seorang yang pemaaf kepada orang-orang,” tuturnya.

Jadi, kalau ada orang yang pernah berbuat salah keliru atau enggak sengaja misalkan atau bahkan menzalimi kita, maka orang yang bertaqwa biasanya akan mudah membukakan pintu maaf bagi mereka dan juga melapangkan dadanya dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.

Kemudian berikut, apabila mereka melakukan sesuatu perbuatan yang salah mereka juga akan kembali dengan cepat mengingat Allah SWT dan mereka akan segera meminta ampun atas kesalahan dan kekeliruan dari perbuatan buruk yang dilakukan.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *