background img

GASAK MOBIL SEWAAN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Ada-ada saja modus yang digunakan pelaku kejahatan dalam melancarkan aksinya. Seperti yang dilakukan RDS, seorang pencurian kendaraan roda empat yang diamankan jajaran Satreskrim Polresta Balikpapan belum lama ini.
Dalam aksinya, pemuda 24 tahun itu pertama-tama menyewa mobil Toyota Avanza KT 1036 KR milik korban. Saat akan dikembalikan setelah masa sewa selesai, RDS berpura-pura jika kunci kontak mobil tersebut hilang.
“Pelaku ini bilang ke pemilik mobil atau korban kalau kuncinya hilang. Padahal enggak, dia hanya berpura-pura saja. Kuncinya masih ada sama dia,” kata Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Kompol Rengga Puspo Saputro saat pers rilis, Selasa (12/4).
Korban yang tak sadar jika itu adalah modus kejahatan, langsung menggantinya dengan kunci cadangan. Satu minggu setelah itu, tepatnya Rabu, 30 Maret 2022 sekira pukul 09.00 Wita, pelaku kembali ke rumah korban di kawasan Puskib RT 24, Kelurahan Mekar Sari.
“Saat pelaku datang, korban tidak ada di rumah. Kemudian pelaku langsung mengambil mobil yang berada di parkiran rumah korban. Dia menyalakannya pakai kunci lama,” ungkap Rengga.
Selanjutnya mobil tersebut dibawa ke daerah Banjarmasin. Sementara korban yang merugi hingga Rp 150 juta bergegas ke Polresta Balikpapan untuk membuat laporan.
Berbekal laporan korban, jajaran Satreskrim Polresta Balikpapan langsung bergerak melakukan penyelidikan. Hasilnya pelaku berhasil diamankan pada 7 April 2022 di Banjarmasin, beserta dengan barang bukti mobil yang digasak pelaku.
“Pelaku dan barang bukti kemudian kita bawa ke Polresta Balikpapan untuk proses hukum lebih lanjut. Hasil pengembangan, diketahui jika pelaku beraksi seorang diri,” ucap Rengga.
Kini pelaku yang merupakan oknum warga Jalan Letjen Suprapto, Baru Ulu, Balikpapan Barat itu mendekam di balik jeruji besi Mapolresta Balikpapan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Ia dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan tujuh tahun penjara.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.