background img

GAKIN BALIKPAPAN PAKAI E-WARUNG

4 years ago written by

BALIKPAPAN KPFM – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Balikpapan berencana akan menerapkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada keluarga miskin (gakin) di pertengahan tahun 2018 mendatang.

Kepala Dinsos Balikpapan Abdul Aziz mengatakan, mulai Juli 2018 nanti gakin tidak akan mendapatkan Beras Sejahtera (Rastra) lagi, karena sesuai program dari Kementerian Sosial akan diberlakukan BPNT.

“Sekarang ini program beras dari Bulog masih berjalan. Mulai Juli nanti kami menjalankan program BPNT yang mana gakin akan diberikan bantuan berupa bahan pangan,” ujar Abdul Azis, Senin (19/2).

Secara teknis, lanjutnya, program BPNT ini akan menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk melakukan kerjasama dalam hal pengiriman dana yang berasal dari Pemerintah Pusat. Kemudian dana tersebut disalurkan perbankan ke setiap kecamatan dalam bentuk beras dan telur.

“Jadi setiap kecamatan yang ada di Kota Balikpapan akan menjalankan program BPNT ini secara kelembagaan yang disebut e-Warung. Sementara ini ada 14 e-Warung yang tersebar di enam kecamatan. Ke depannya pihak Dinsos akan menambah e-Warung karena jumlah warga penerima bantuan yang mencapai 9.563 KK,” jelasnya.

Untuk menghindari salah sasaran penerima bantuan, pemerintah melakukan pendataan dengan bukti berupa kartu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mana berfungsi sebagai bukti pengambilan bantuan di e-Warung kantor kecamatan. Setiap Kepala Keluarga akan diberikan voucher senilai Rp110 ribu yang nantinya akan ditukarkan di e-Warung.

“Jadi bagi yang tidak punya kartu itu tidak akan bisa mengambil bantuan,” imbuh Azis.

Harapannya, dengan penerapan kebijakan ini bisa tercipta efektivitas penggunaan bantuan secara tepat dan tidak sia-sia. Serta bisa lebih bermanfaat, mengingat warga terbiasa makan nasi sebagai bahan makanan pokok dan telur sebagai lauk pauknya. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *