background img

FUNGSI PENJAGA PINTU BENDALI DIMAKSIMALKAN UNTUK ATASI BANJIR

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan akan mengevaluasi sejumlah petugas penjaga pintu bendali (bendungan pengendali) yang ada.
Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan fungsi bendali dalam mengatasi bencana banjir yang kerap masih terjadi di Kota Balikpapan.
“Kami berencana akan mengumpulkan seluruh penjaga pintu bendali yang ada di Kota Balikpapan, untuk diberikan evaluasi ulang,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan Andi Muhammad Yusri kepada wartawan, Jumat (16/9).
Pada dasarnya, menurut Yusri, bendali itu adalah bendungan pengendali, yang dipergunakan untuk menampung air yang berada di areal tangkapan atau catch main area. Sehingga luapan air yang ada di areal bawah itu bisa terkendali.
Jadi di bendali yang ada pintu airnya itu seharusnya ketika hujan itu ditutup, supaya aliran air yang ada di atas ini ditahan dulu.
Sehingga fungsi saluran air yang ada di bawah, entah itu dari air hujan ataupun air buangan, bisa ditampung.
Dan setelah hujan berhenti, ketika yang di saluran yang bawah itu tampungannya sudah kosong, baru pintu air yang ada di atas ini yang dilepas atau dibuka.
“Kita buka pintunya. Jadi bukan seperti waduk, yang sengaja dibuat untuk menampung air untuk air baku. Sedangkan untuk bendali itu dipergunakan untuk menampung sementara,” ujarnya.
Selanjutnya, pihaknya juga akan melakukan pembersihan sejumlah bendali yang ada dari endapan sedimen hingga rumput yang tumbuh, sehingga daya ptampungnya bisa dimaksimalkan ketika phujan turun.
Saat ini, Pemerintah Kota Balikpapan telah menyediakan satu unit excavator amphibi yang akan dioperasikan di sejumlah bendali.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.