background img

FASILITASI VAKSINASI PELAKU PERJALANAN, KTP LUAR DILAYANI

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Vaksinasi memang telah menjadi syarat bagi pelaku perjalanan baik jalur udara dan laut. Tetapi hal ini menjadi masalah bagi mereka yang kesulitan mendapatkan vaksin karena ketersediaan stok yang sangat terbatas.

Menjawab persoalan tersebut, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas ll Balikpapan membuka sentra vaksinasi di Kantor KKP. Sekitar 300 dosis disiapkan setiap harinya untuk pelaku perjalanan udara, laut, juga masyarakat umum.

“Rinciannya 200 dosis untuk pelaku perjalanan udara dan sekitar 100 dosis lainnya untuk penumpang kapal dan juga masyarakat umum,” kata Kepala KKP Kelas II Balikpapan M Zainul Mukhorobin, Senin (6/9).

Pelayanan vaksinasi tersebut, lanjut Zainul, tak hanya diperuntukkan bagi masyarakat Balikpapan. Yang ber-KTP luar Balikpapan juga tetap dilayani untuk kepentingan perjalanan dan lainnya.

“Persyaratannya tidak harus ber-KTP Balikpapan, yang non Balikpapan juga dilayani, yang membutuhkan vaksin terkait dengan perjalanan maupun kepentingan lainnya. Mudah-mudahan bisa diakses lewat KKP,” ungkap Zainul.

Untuk bisa mendapat layanan vaksinasi ini, masyarakat cukup melakukan pendaftaran melalui online dengan mengakses http://bit.ly/vaksin1kkp. Link tersebut dibuka mulai pukul 09.00 Wita sampai kuota terpenuhi.

“Bagi masyarakat yang mengakses link tersebut dan ternyata tidak dapat berarti kuotanya sudah penuh, mohon diulangi besoknya pukul 09.00 Wita. Sistem itu dibuat agar bisa dilaksanakan secara tertib dan protokol kesehatan tetap berjalan,” ucapnya.

Zainul berharap program KKP juga bermanfaat bagi masyarakat dalam membantu peningkatan cakupan vaksinasi di Balikpapan. “Sehingga pandemi Covid-19 bisa semakin terkendali,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *