background img

FASILITAS PETANI RUMPUT LAUT HANCUR

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sejumlah fasilitas petani rumput laut yang ada di Kota Balikpapan hancur diterjang gelombang tinggi yang terjadi sejak Rabu (17/6).Kerusakan terparah terjadi di RT 53 Gang Anyar, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur (Baltim). Di mana, lantai atau tempat jemuran khusus rumput laut ambruk.

“Tempat jemuran rumput laut roboh. Kejadiannya itu kemarin sekitar pukul 16.00 Wita. Saat kejadian, memang enggak mendukung cuacanya, ombaknya besar hingga tadi subuh,” kata Yakop, ketua kelompok tani Sumber Laut Berjaya saat ditemui KPFM, Kamis (18/6).

Selain tempat jemuran rumput laut, sedikitnya empat unit perahu milik petani juga tenggelam usai dihajar ombak. Padahal, perahu-perahu tersebut selalu digunakan untuk mengangkut rumput laut usai dipanen.”Kalau perahunya itu tadi subuh baru tenggelam semua. Ada empat perahu yang sehari-hari digunakan untuk mengangkut rumput laut,” ujar Yakop.

Akibat dari peristiwa ini, Yakop bersama kelompok taninya yang berjumlah sebanyak 13 orang untuk sementara waktu tidak bisa beraktivitas. Termasuk untuk panen rumput laut.”Sekarang kalau misalnya mau panen kami tidak bisa. Enggak ada jemurannya. Makanya tunda dulu sambil kami benahi semunya,” ucap Yakop.Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *