background img

ETNIS TIONGHOA PILIH IBADAH DI RUMAH

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda, perayaan Imlek tahun 2021 ini tak diramaikan secara meriah. Salah satunya dapat terlihat di Kelenteng Guang De Miao atau Satya Dharma Balikpapan.

Pantauan KPFM pada Jumat (12/2) pagi di Kelenteng yang terletak di Jalan Bukit Niaga Pasar Baru, Klandasan Ilir, Balikpapan Kota (Balkot) itu, tak banyak jemaat berdatangan. Mayoritas bersama keluarganya.

Jemaat tampak khusyuk melakukan ibadah. Namun tak terlihat kepadatan jemaat. Di tengah pandemi ini, para jemaat sebagian besar memilih ibadah di rumah masing-masing.

“Sebagian besar etnis Tionghoa melakukan ibadah di rumah. Karena memang sebelumnya sudah diimbau kepada umat untuk ibadah di rumah,” kata Ketua Pengurus Kelenteng Guang De Miao, Hindro.

Namun demikian, bagi warga yang hendak beribadah langsung di Kelenteng tetap diperbolehkan. Hanya saja ada sejumlah Protokol Kesehatan (Prokes) yang dijalankan.

“Di sini tetap buka, cuma kapasitasnya dibatasi hanya 50 persen, itupun harus bergantian, tidak boleh ramai. Protokol kesehatan lain juga diterapkan,” ujarnya.

Untuk hiburan seperti Barongsai pada Imlek kali ini juga ditiadakan, karena sangat berpotensi menciptakan kerumunan.

“Kalau kita tetap adakan bakal ramai. Begitu kendang ditabuh, pasti warga sekitar sini berdatangan mau melihat. Jadi lebih baik kita tiadakan untuk tahun ini,” ungkapnya.

Robin salah satu jemaat yang melakukan ibadah di Kelenteng mengaku Imlek kali memang sangat berbeda. Pada tahun-tahun sebelumnya, ia datang ke Kelenteng bersama semua keluarga. Kali ini hanya didampingi istri dan anak.

“Biasanya ramai ke Klenteng sama keluarga. Tahun ini ya cuma kita berdua aja sama anak juga. Yang lain ibadah di rumah,” aku Robin.

Ia berharap pandemi ini segera berlalu dan bisa kembali hidup normal seperti biasanya. “Semoga normal kembali. Karena selama pandemi ini tidak banyak aktivitas yang dilakukan. Dampaknya ke usaha juga. Pendapatan menurun drastis,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *