background img

EMBARKASI KEMBALI DIGUNAKAN UNTUK ISOLASI

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Lonjakan kasus Covid-19 beberapa pekan terakhir membuat tempat isolasi terpusat bagi pasien tanpa gejala atau bergejala ringan di Hotel Grand Tiga Mustika kawasan Gunung Pasir, Balikpapan Kota nyaris terisi penuh.

Menyikapi kondisi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan kembali memanfaatkan Embarkasi Haji untuk tempat isolasi terpusat lainnya. Hal itu seiring dengan dibatalkannya pemberangkatan haji tahun ini.

“Benar, Embarkasi Haji akan digunakan lagi untuk isolasi mandiri pasien Covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty melalui pesan singkat WhatsApp, Minggu (27/6).

Rencananya Selasa, 29 Juni 2021 mulai digunakan. Berbagai persiapan telah dilakukan. Mulai dari pemasangan seprei kamar, penyiapan kesehatan lingkungan dengan penyemprotan desinfektan dan pemilahan limbah B3.

“Kami juga sudah menyiapkan alkes, obat-obatan dan APD. Kemudian mempersiapkan asupan nutrisi pasien, merekrut sebagian tenaga medis baru dan akan dibantu satu tim jaga tenaga medis TNI serta mengaktifkan kembali tim keamanan dan relawan seperti PMI, dan lainnya,” ujarnya.

Kepala UPT Asrama Haji Batakan, H. Mukhtar juga membenarkan perihal penggunaan Embarkasi Haji untuk isolasi mandiri pasien Covid-19.

“Sesuai arahan Menteri Agama dan Plt Dirjen, bahwa asrama haji siap dimanfatkan kembali untuk tempat isolasi mandiri pasien Covid-19,” tuturnya.

Kamar yang disiapkan, lanjut Mukhtar, sebanyak 222 dan penggunaannya akan dibagi dalam tiga ring. Untuk ring satu khusus digunakan oleh pasien sebanyak 193 kamar dengan jumlah tempat tidur 811.

“Nanti tim Satgas yang mengatur di lapangan, karena sebaran kamarnya berbeda-beda, ada yang bisa berisi dua, empat dan enam tempat tidur,” ungkapnya.

Kemudian untuk ring dua akan digunakan oleh petugas medis yang menangani pasien, dan ring tiga merupakan zona hijau. “Itu bisa diakses oleh masyarakat umum,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *