background img

E-OBJECTION PERMUDAH SURAT KEBERATAN PAJAK

1 year ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) meluncurkan fitur e-Objection pada menu layanan DJP Online sejak awal Agustus 2020. Ketentuan yang mengatur terkait fasilitas layanan secara elektronik ini sudah ada sejak 2013. Layanan ini berfungsi untuk menyampaikan surat keberatan secara elektronik (e-filling) yang dilaporkan oleh Wajib Pajak (WP) perorangan maupun badan usaha.

Fitur e-Objection ini dibahas dalam program Bincang Pajak radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Rabu (2/9). Perbincangan via telefon yang diudarakan langsung tersebut turut bergabung dua narasumber dari Kanwil DJP Kaltimra, masing-masing Wisudha Bayusasi selaku Kepala Seksi Keberatan, Banding, dan Pengurangan I, serta Alif Sabrowi selaku Penelaah Keberatan.

Wisudha Bayusasi yang akrab disapa Yudha mengatakan, Wajib Pajak harus terlebih dahulu memiliki EFIN, sertifikat elektronik dan melakukan registrasi akun pada laman DJP Online. “Efin dan sertifikat elektroniknya harus aktif dan masih berlaku,” ujar Yudha.

Alif Sabrowi juga menjelaskan, jika Wajib Pajak ingin mengajukan surat keberatan secara elektronik, bisa memilih fitur e-Objection pada website djponline.pajak.go.id.

“Tata caranya seperti biasa. Login terlebih dahulu dengan mengisi nomor NPWP serta efin. Kemudian pilih Layanan dan e-Objection. Setelah itu ikuti petunjuk yang tertera di aplikasi,” ucap Alif.

Pada saat menginput, lanjut Alif, alasan keberatan bisa memilih dua pilihan, yaitu dengan cara langsung menginput dalam kolom di aplikasi dengan maksimal 4.000 karakter. “Atau bisa dibuat berupa file PDF maksimal 5 MB,” jelas Kepala Seksi Keberatan, Banding, dan Pengurangan I ini.

Jika Wajib Pajak mendapatkan Surat Ketetapan Pajak (SKP) dan merasa keberatan, maka segera ajukan Surat Keberatan karena SKP dapat diajukan Keberatan paling lama 3 bulan sejak SKP dikirim oleh KPP. Segera hubungi Kring Pajak 1500200 atau bisa kunjungi lamannya di www.pajak.go.id .(Sesil/Kpfm)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *