background img

DUA HARI, PANTAI MANGGAR JADI LAUTAN MANUSIA

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sejumlah destinasi wisata di Kota Balikpapan kebagian berkah pada momen libur Lebaran tahun 2022 ini. Pengunjung meningkat signifikan hingga seratus persen dibanding hari normal.

Salah satu yang menjadi primadona adalah Pantai Segara Sari Manggar, di kawasan Balikpapan Timur.

Lokasi ini jadi lautan manusia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Pengunjung bermain air di bibir pantai, ataupun sekadar duduk menikmati angin dan pemandangan.

“Libur Lebaran tahun ini memang terjadi peningkatan kunjungan wisatawan yang sangat tinggi di Pantai Manggar. Itu karena selama dua tahun terakhir ada larangan akibat Covid-19,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan Ratih Kusuma melalui sambungan telepon, Kamis (5/5).

Peningkatan kunjungan, lanjut mantan Direktur RSUD Beriman Kota Balikpapan itu, mulai terjadi sejak H+1 Lebaran. Ada ribuan pengunjung yang memadati hampir seluruh area pantai.

“Datanya pasti masih kami rekap. Ada ribuan pengunjung. Tak hanya dari Balikpapan, ada juga pengunjung dari luar seperti Kota Samarinda, Berau, hingga Bontang,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang diperoleh Basarnas, pada H+1, Selasa, 3 Mei 2022, ada sekitar 5.500 pengunjung di Pantai Manggar.

Terdiri dari 4.200 dewasa dan 1.300 anak-anak. Dengan total kendaraan delapan unit roda enam, 700 roda empat dan 700 roda dua.

Sementara pada H+2, Rabu, 4 Mei 2022, meningkat lagi menjadi 5.537 orang. Terdiri dari 4.529 dewasa dan 1.279 anak-anak. Dengan total kendaraan tiga unit roda enam, 738 roda empat dan 649 kendaraan roda dua.

Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, Tim SAR gabungan disiagakan di Pantai Manggar. Terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan (Basarnas Kaltim), Brimob Polda Kaltim, Polair Polresta Balikpapan, serta sejumlah relawan lainnya melakukan patroli dan pengawasan.

“Dari Basarnas Kaltim personel yang disiagakan sebanyak tujuh orang, ditambah belasan personel dari instansi lainnya,” ungkap Kasie Operasi Basarnas Kaltim, Basri melalui WhatsApp grup Disiagakan juga sejumlah peralatan SAR seperti rubber boat dan lainnya.

Sementara untuk kejadian yang membahayakan nihil. “Situasi aman kondusif, dengan kondisi air laut surut,” ucap Basri.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.