background img

DUA BULAN, WADUK TELAGA SARI RAMPUNG

4 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan menargetkan pengerjaan proyek perbaikan waduk Telaga Sari dapat dirampungkan dalam dua bulan ke depan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan Andi Yusri mengatakan bahwa saat proses pengerjaan proyek perbaikan waduk Telaga Sari masih berjalan.

Saat ini pihak kontraktor masih melakukan tahapan pemasangan blanket yang terdiri dari lapisan tanah liat dan biofil yang dipasangkan di dasar waduk.

“Targetnya Insya Allah, 1 atau 2 bulan ini, tergantung mobilisasi tanah liat yang diminta itu bisa masuk,” kata Yusri ketika diwawancarai wartawan, Rabu (26/1).

Ia menyampaikan pemasangan blanket atau lapisan tanah liat dan biofil ini diharapkan mampu mengatasi masalah kebocoran yang sempat membuat air di waduk Telaga Sari hingga secara tiba-tiba kering pada pertengahan tahun 2021 lalu.

“Harapan Kita akan kebocoran itu bisa ditangani, dengan proses alam itu bisa menampung dengan sendirinya,” ujarnya.
Sesuai dengan hasil rekomendasi yang dibuat oleh BWS Kalimantan IV Samarinda, pengerjaan perbaikan waduk Telaga Sari dilakukan dengan cara mengupas sampai bersih permukaan dasar waduk sebelum dilapisi blanket atau lapisan kedap air.

Hal ini bertujuan untuk membuat permukaan dasar waduk menjadi kedap air kembali dan air dapat kembali menggenang di waduk. Lapisan blanket ini akan mempergunakan sejenis tanah liat khusus yang didatangkan dari luar Kota Balikpapan.

Pengerjaan perbaikan waduk Telaga Sari ini, hingga saat ini masih terkendala karena cuaca di sekitar kawasan waduk Telaga Sari yang sering hujan, sehingga menyebabkan proses pengerjaan terhambat. Karena pengiriman laporan tanah liat yang diperlukan juga terkendala.

“Mudah-mudahan dengan tidak terlalu intensitas hujan, proses untuk bisa cepat diselesaikan,” terangnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.