background img

DPRD TANGGAPI ADUAN SENGKETA LAHAN PERTAMINA DAN RUMAH WARGA

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – DPRD Kota Balikpapan hingga saat ini masih mempelajari aduan warga terkait sengketa lahan yang melibatkan PT Kilang Pertamina Internasional dengan 9 rumah warga.
Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono belum mengambil tindakan terkait PT Kilang Pertamina Internasional yang melayangkan surat pengosongan dan pembongkaran sembilan rumah warga di kawasan RT 12 Kelurahan Karang Jati, Balikpapan Tengah.
Budiono juga belum mengetahui surat pengaduan warga RT 12 kepada DPRD Balikpapan yang meminta difasilitasi Rapat Dengar Pendapat (RDP) untuk menyelesaikan permasalahan lahan di lokasi tersebut.
“Suratnya itu dimana, dicek dulu kalau pengaduan nanti kita baca dulu pengaduan nya,” kata Budiono, Selasa (5/4).
Budiono mengatakan, masih akan menelusuri keberadaan surat aduan warga di DPRD Balikpapan agar dapat mempelajari lebih jauh.
“Cek dulu suratnya saya belum tahu. Prosedur suratnya ke Ketua DPRD, nanti disposisi ke komisi berapa. Tapi cek dulu,” jelasnya.
Menurutnya, setelah memahami permasalahan sengketa lahan yang melibatkan Pertamina dan Warga RT 12 Karang Jati itu, maka DPRD Balikpapan akan mengundang pihak-pihak terkait dalam persoalan tersebut.
“Suratnya dimana, coba cek ke sekretaris ketua atau sekwan (Sekretaris Dewan). Mana pihak-pihak terkait yang nanti kita panggil,” tandasnya.
Permasalahan lahan terjadi di kawasan RT 12 Kelurahan Karang Jati, Balikpapan Tengah ini mencuat di awal Januari lalu. Bermula ketika pihak Pertamina melakukan pengukuran rumah warga sekitar RT 12, dengan dalih untuk mendata keretakan seperti yang terjadi di RT 23 dan RT 24.
Usai dilakukan pengukuran, tanggal 10 Januari lalu, Pertamina menyurati warga bahwa sembilan rumah dinyatakan masuk dalam area milik Pertamina dan meminta agar rumah tersebut dikosongkan dan dibongkar.
Pihak Pertamina sendiri mengklaim memiliki hak atas tanah yang dimaksud karena memiliki dasar sertifikat.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.