background img

DPRD MINTA PENUTUPAN JALAN DIEVALUASI

1 year ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Abdulloh meminta agar Pemerintah Kota Balikpapan mengevaluasi efektivitas kebijakan penutupan sejumlah jalan selama masa pandemi Covid-19.

“Penutupan jalan itu sudah tidak efektif lagi, karena masyarakat sudah bosan dan merasa disulitkan dengan penutupan jalan. Padahal masyarakat sekarang dalam kondisi sulit,” kata Abdulloh kepada wartawan, Senin (1/6).
Menurutnya, usulan ini merupakan hasil kajian yang dilakukan oleh Panitia Khusus Covid-19 DPRD Kota Balikpapan untuk menyikapi kinerja Gugus Tugas Kota Balikpapan dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona di Kota Balikpapan.

Ia menilai kebijakan pemerintah untuk menutup sejumlah ruas jalan utama di waktu-waktu tertentu tidak efektif dalam mendukung program pencegahan penyebaran virus Corona, karena dengan adanya penutupan jalan utama, justru malah meningkatkan kepadatan lalu lintas di beberapa jalan sekunder lainnya.

Selain itu, kebijakan penutupan jalan yang diberlakukan oleh Pemerintah Kota dalam beberapa bulan ini dinilai tidak memiliki dasar hukum yang jelas, karena hanya dibekali surat edaran Wali Kota, seharusnya ada aturan khusus seperti Peraturan Wali Kota yang menjadi landasan hukum penerapan aturan tersebut. Sehingga ada sanksi yang jelas ketika terjadi pelanggaran.

“DPRD minta dievaluasi kembali soal penutupan jalan, yang pertama adalah masyarakat sudah jenuh. Dan yang kedua adalah tidak ada aturan yang mewajibkan tentang mengatur pemblokiran jalan dalam upaya penanganan Covid-19,” terangnya.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *