background img

DPRD MINTA OTORITA LIBATKAN ORANG DAERAH

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Budiono meminta agar Badan Otoritas IKN merangkul warga lokal.

Keterlibatan warga lokal dalam rencana pembangunan IKN sangat penting, karena mereka lebih memahami kondisi daerah baik dari ketersediaan sumber daya alam dan manusia.

“Keberadaan badan otorita yang telah ditunjuk adalah kewenangan dari presiden, namun diharapkan struktur di badan otorita menyertakan juga warga Kaltim khususnya warga Balikpapan. Dikarenakan warga di daerah mengetahui sumber daya alam dan sumber daya manusianya,” kata Budiono ketika diwawancarai wartawan di Kantornya, Rabu (6/4).

Ia menyampaikan bahwa pada dasarnya, pihaknya mendukung ditetapkan IKN Nusantara di Kaltim oleh Pemerintah Pusat. Karena keberadaan IKN akan meningkatkan roda perekonomian Kaltim khususnya Balikpapan menjadi kota penyangga.

Keberadaan IKN Nusantara di kawasan Penajam Paser Utara, tentunya akan menjadi tantangan sekaligus harapan warga Kaltim.

“Saya telah bertemu langsung dengan Kemendagri beberapa waktu lalu, Balikpapan akan menjadi pintu gerbang IKN Nusantara dan diperkirakan 3 tahun terakhir akan terjadi penambahan penduduk diatas 30 ribu jiwa, sehingga keberadaan ASN yang akan dipindahkan ke Kaltim rencananya harus mempersiapkan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan hingga air baku,” ujarnya.

Untuk itu, menurut Budiono, Kementerian Dalam Negeri telah menyarankan agar daerah segera membuatkan proposal dan data terkait pokok pikiran yang akan disampaikan ke pemerintah pusat khususnya ke badan otorita IKN Nusantara.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.