background img

DPRD JANJI PERJUANGKAN INSENTIF GURU NGAJI

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan berjanji akan memperjuangkan kenaikan insentif bagi guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA).

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan Iwan Wahyudi mengatakan, siap mendorong adanya kenaikan insentif gaji guru TPA yang lebih layak.

Namun hal itu tetap mempertimbangkan ketersediaan dana dalam kas daerah. Apalagi guru TPA memiliki peran membantu orang tua dalam membekali anaknya dengan pelajaran Al Qur’an.

“Lagi kita perjuangkan untuk bisa naik. Itu tadi permintaannya jadi Rp 750 ribu. Dari Rp 300 ribu jadi Rp 750 ribu. Minimal Rp 500 ribu per bulannya. Itu pun masih minim dengan kondisi harga di pasar,” ujarnya kepada wartawan di gedung DPRD Balikpapan, Kamis (16/2).

Ia menjelaskan, telah berkomunikasi dengan Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Balikpapan untuk memperjuangan kenaikan insentif bagi guru Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA).

Saat ini, lanjut Iwan, pihak BKPRMI menyebutkan ada 2.150-an guru TPA yang tersebar di Balikpapan. Jumlah tersebut masih bisa bertambah seiring berdirinya unit-unit TPA di tahun ini.

Untuk itu, pihak DPRD akan mengupayakan realisasi kenaikan insentif ini dalam pembahasan APBD Perubahan 2022 atau melalui anggaran murni di tahun 2023.

“Ini harus sama-sama kita perjuangkan. Karena guru TPA merupakan salah satu ujung tombak penguatan karakter akhlak bagi kita. Makanya kita siap mendorong kenaikan insentif ini. Sebenarnya ini juga sesuai visi misi walikota,” tuturnya.

Menurut Iwan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan BKPRMI dalam proses realisasi aspirasi insentif guru TPA ini. Termasuk melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang langsung menangani bantuan sosial.

“Kami sangat menyambut baik aspirasi itu. Makanya ini kita rumuskan dulu agar anggaran ini bisa terkawal dengan baik,” tambahnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.