background img

DPRD DUKUNG PENERAPAN SISTEM KEARSIPAN DIGITAL

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan meminta kepada pemerintah kota agar meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendukung rencana penerapan sistem kearsipan digital.

Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Budiono mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyelesaikan proses pembahasan terhadap rancangan peraturan daerah tentang kearsipan yang saat ini sudah mendekati tahap akhir.
Menurut Budiono, peranan SDM dalam mendukung penerapan sistem kearsipan digital menjadi faktor penting. Apalagi arsip merupakan bukti faktual dalam tata kelola pemerintahan.
“Tentunya di dalam raperda kearsipan juga dibahas bahwa SDM harus siap. Jadi masing-masing satuan kerja harus memiliki SDM yang mengerti tentang arsip digital,” katanya kepada wartawan, Rabu (7/4).
Budiono menjelaskan, pihaknya meminta agar dialokasikan anggaran khusus untuk penyediaan prasarana berupa dukungan jaringan antar OPD untuk memudahkan penyatuan seluruh arsip pemerintah. Sebab perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang semakin cepat menuntut instansi pemerintah untuk bersiap diri bertransformasi pada cara kerja digital.
“Salah satunya juga prasarana. Artinya jaringan antar dinas dan antar lembaga harus siap. Memang saat ini belum dibangun prasarananya. Makanya harus dipersiapkan dulu,” tuturnya.
Budiono berharap kehadiran rancangan perda kearsipan yang akan disahkan nantinya mengubah perspektif tata kelola arsip pemerintahan. Termasuk menciptakan SDM kearsipan yang responsif terhadap perkembangan tren, pelaksanaan transformasi digital, kemampuan penyajian data yang solid dan berkesinambungan, serta pengembangan infrastruktur kearsipan.
“Ke depan memang terasa sekali perlunya arsip digital dalam mendukung kegiatan pemerintah. Dalam pertemuan lalu, walikota berharap di dalam rencana kerja DPRD bisa disampaikan tidak lagi menggunakan kertas. Tetapi secara digital atau paperless,” tambahnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *