background img

DPD AJUKAN UU PEMERINTAHAN DIGITAL

8 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD RI menilai harus ada regulasi setingkat UU untuk mengatur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.
Penyusunan RUU ini dimaksudkan untuk mengatur efektivitas tata kelola pemerintahan dan relasi hubungan pemerintah pusat dan daerah secara digital atau yang kini dikenal dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).
“Dengan hadirnya undang-undang ini nanti membuat sinergitas dari pemerintah pusat daerah dan juga antar kementerian mengurangi ego sektoral. Mengurangi sampah teknologi dan membuat satu aplikasi bersama dan itu di dalam satu genggaman. Kita tinggal mengklik dan melihat data-data secara keseluruhan Indonesia. Baik itu mencakup investasi pelaksanaan pemerintahan, politik dan itu akan membuat kita bisa masuk ke dalam era digital,” kata Ketua PPUU DPD RI Badikenita Sitepu ketika melakukan kunjungan ke Kantor Wali Kota Balikpapan, Jumat (4/2).
Menurutnya, pihaknya melakukan kunjungan kerja dalam rangka pengayaan materi dalam persiapan rancangan undang-undang pemerintahan digital. Karena melihat Kota Balikpapan yang dinilai sudah cukup berhasil dalam menerapkan konsep smart city.
“Kita melihat Kota Balikpapan dengan smart city yang kita anggap cukup berhasil, tinggal bagaimana melihat potensi. Dan nanti mengintegrasikan keseluruhan data,” ujarnya.
Ia menerangkan langkah yang tercepat untuk merealisasikan terkait itu, adalah dengan menyusun undang-undang ini, kemudian membahasnya. Dan dari rancangan undang-undang ini ketika nanti dibahas bersama secara tripartite dan itu disetujui ketika disahkan. Maka nanti akan ada peraturan pemerintah yang akan mengatur pelaksanaan, dan teknis lainnya, dan itu akan disesuaikan dengan daerah.
“Semakin cepat ini dilaksanakan maka semakin cepat seluruh daerah terintegrasi dalam satu data. Dan target kita juga di 2045 Indonesia bisa maju dan kita bisa menjadi bagian dari negara maju,” tuturnya.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.