background img

DMI SIAPKAN SKENARIO TARAWIH 2 GELOMBANG

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Balikpapan menyusun beberapa skenario untuk memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan di sejumlah masjid ketika memasuki bulan suci Ramadan.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Balikpapan Solehuddin Siregar mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan untuk menyikapi rencana pelaksanaan ibadah selama bulan suci Ramadan. Dengan menggelar rapat yang melibatkan sejumlah pengurus DMI di tingkat kecamatan.

Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan yang telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang pelaksanaan ibadah tarawih di masjid selama Ramadan.

Meski dibolehkan, ada beberapa syarat wajib dilakukan para jamaah yang ingin tarawih di masjid pada Ramadan ini.
“Setelah surat edaran Wali Kota Balikpapan keluar, kami melakukan rapat bersama para pengurus DMI Kecamatan, untuk menyikapi pelaksanaan ibadah tarawih di masjid dan musala dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat,” katanya kepada wartawan, Senin (5/4).
Ia menjelaskan, saat ini pihaknya telah menyiapkan Tim Relawan Siaga Ramadan untuk mengawasi memantau penerapan protokol kesehatan ibadah di masjid, termasuk mengatur kegiatan distribusi zakat dan infak.
Ia menerangkan, pihaknya juga berencana akan membuat skenario penyelenggaraan tarawih dalam dua gelombang jika jumlah jamaah melimpah. Ini untuk menghindari ada kerumunan.
“Jika masih ada masjid yang tidak menerapkan Prokes, jangan salahkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menertibkan dan membubarkan para jamaah,” bebernya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *