background img

DITPOLAIRUD BEKUK TIGA PENCURI TALI KAPAL ASING

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Ditpolairud Polda Kaltim menangkap tiga orang pencuri tali kapal, berinisial AR (50), SE (43), dan KA (47). Ditangkap pada Jumat (11/2) di kawasan Balikpapan Barat. Aparat juga tengah memburu dua pelaku lain berinisial AG (30) dan SA (40).

“Dua pelaku masih DPO. Kami juga mengamankan seorang penadah inisial R asal Samarinda. Jadi, tali kapal curian ini dijual ke Samarinda,” kata Direktur Polairud Polda Kaltim Kombes Pol Tatar Nugroho saat pers rilis, Senin (14/2) sore.
Dari tangan pelaku, kepolisian berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya satu unit kapal klotok tanpa nama yang digunakan pelaku saat beraksi, dan satu unit linggis.
“Barang bukti lain ada satu roll tali tros warna kuning ukuran satu inci panjang 200 meter, dua roll jenis tali warna hijau ukuran dua inch 1/4 panjang 220 meter, satu roll tali tros warna merah ukuran satu inch panjang 100 meter, dan satu roll tali tros warna biru ukuran satu inci panjang 100 meter,” ungkapnya.
Tatar melanjutkan, pengungkapan kasus bermula adanya laporan pencurian tali kapal asing MT Avalon yang diterima Ditpolairud. Kemudian ditindaklanjuti dengan membentuk tim untuk melakukan penyelidikan. “Hasil penyelidikan para pelaku berhasil diamankan 2×24 jam tanpa perlawanan beserta barang bukti,” ungkap Tatar.
Dari keterangannya, para pelaku mengaku baru satu kali beraksi. Modus yang digunakan, pelaku menuju target menggunakan kapal kelotok tanpa nama. Saat tiba di lokasi, dua pelaku menunggu di kapal klotok, dan tiga orang lainnya naik ke atas kapal target.
“Sampai di atas kapal target, para pelaku yang tiga orang congkel gudang pakai linggis dan mengambil tali kapal yang masih baru. Harga jualnya bisa sampai ratusan juta,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.