background img

DITPOLAIR AMANKAN KAYU SENILAI 2 MILIAR HASIL ILEGAL LOGGING

8 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri mengungkap kasus illegal logging di perairan Kalimantan Timur (Kaltim), tepatnya di Sungai Belayan, Desa Sebulu, Kecamatan Sebulu, Kukar, Kamis (20/1) lalu. Dari pengungkapan kasus tersebut, potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan mencapai Rp 2 miliar.

Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen M Yassin Kosasih menjelaskan, terungkapnya kasus ini bermula informasi dari masyarakat. Ada kayu rakit log atau kayu bulat yang dibentuk rakit ditarik oleh perahu ketinting tanpa dokumen yang sah.

Dari laporan tersebut, tim patroli langsung terjun dan melakukan pemeriksaan. Benar, ada kayu rakit log sejumlah kurang lebih 300 batang yang tidak disertai dengan dokumen yang sah. Kayu ini ditarik dengan perahu ces milik R dan S.

“Hasil pemeriksaan, pemilik kayu ditetapkan sebagai tersangka dan saat ini dalam pemeriksaan oleh penyidik Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Kaltim. Sementara 300 batang kayu bulat campuran dan satu unit perahu ces jadi barang bukti kejahatan ilegal logging ini,” kata M Yassin dalam siaran pers yang dibagikan kepada media, Selasa (25/1) malam.

Tim gabungan dari Ditpolair Baharkam Polri dan Ditpolair Polda Kaltim kemudian melakukan pengembangan. Selasa (25/1) dini hari, petugas kembali mengamankan sekitar 1.000 batang kayu jenis meranti dan kayu campuran.

“Jarak dari TKP pertama sekitar 2.5 jam. Tersangka saat itu melarikan diri. Saat ini penyidik gabungan sedang melakukan pengejaran dan pengembangan kasus. Diduga bahwa pelakunya merupakan jaringan,” ucapnya.

Atas perbuatanya, tersangka diduga melanggar pasal 12 huruf (e) Jo pasal 83 ayat 1 huruf (b) UU RI No 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan yang telah di ubah dalam UU RI No 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.