background img

DISDUKCAPIL KERJASAMA GOJEK

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan bekerjasama dengan penyedia layanan kurir online, Go Jek dalam membantu pelayanan pengurusan dokumen kependudukan.

Aryo Agung Bernardi selaku District Head Gojek Balikpapan mengatakan, melalui layanan pengantaran ini dapat dipergunakan bagi masyarakat yang sudah menyelesaikan proses pembuatan KTP dan surat pindah di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan.

“Bagi masyarakat yang membuat KTP atau surat pindah, biasanya setelah dokumennya selesai, di mana konsumen akan dikirimi pesan oleh Disdukcapil yang dalamnya ada nama pemilik dokumen dan link ke aplikasi gojek. Kalau ada aplikasinya di handphone maka akan mengarah download aplikasi,” katanya ketika menyampaikan sambutan, Rabu (17/6).

Dengan aplikasi ini, setiap masyarakat yang hendak mengurus dokumen kependudukan tidak perlu lagi datang ke Disdukcapil. Semuanya dilakukan secara online dan dapat dikirimkan hasilnya melalui aplikasi Gojek.

Melalui link yang disediakan masyarakat yang hendak mengambil dokumen hanya perlu mengklik link yang disediakan dari pesan yang diterima, yang kemudian mengarah menu go send dalam aplikasi Gojek.

“Ketika klik link yang disediakan, konsumen akan masuk menu go send di aplikasi Gojek, untuk lokasi penjemputan secara otomatis akan terpasang di Disdukcapil Balikpapan. Jadi tinggal menentukan lokasi tujuan pengiriman saja, tidak sampai 5 menit driver akan mengambil dokumen yang akan dikirimkan,” terangnya.

Dalam mendukung layanan ini, ia menjelaskan bahwa pihaknya sudah bekerjasama dengan Disdukcapil untuk menyediakan loket khusus bagi driver Gojek, sehingga tidak ikut mengantre dengan masyarakat umum.

Dokumen yang dikirim terlebih dahulu akan dikemas dan diberikan segel sehingga terjamin keamanannya. “Masyarakat bisa dipantau lewat aplikasi proses pengirimannya dan Gojek juga melakukan mediasi kalau ada masalah, kita tidak hanya tinggal diam,” tambahnya.

Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan Helmy Hasbullah mengatakan sangat terbantu dengan adanya inovasi layanan ini, sehingga dapat mengurangi jumlah masyarakat yang datang untuk mengurus dokumen kependudukan.

Untuk sementara, layanan ini hanya berlaku untuk pengambilan KTP dan surat pindah, dan akan dikembangkan lagi ke beberapa layanan yang ada di Disdukcapil.Ia mencatat selama periode Maret hingga Juni ini, jumlah masyarakat yang mengurus layanan kependudukan di Disdukcapil tercatat mencapai 32 ribu orang. Selama sepuluh hari terakhir di bulan Juni ini saja, masyarakat yang mengurus layanan kependudukan sudah mencapai 8 ribu orang.

“Dengan layanan ini tentu akan memudahkan masyarakat, karena di satu sisi mereka bisa bekerja dan beraktivitas. Ini awal KTP dan surat pindah. Ke depan akan semuanya, mudah-mudahan,” terangnya.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *