background img

DINKES GELAR SIMULASI VAKSINASI

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dinas Kesehatan Kota Balikpapan menggelar kegiatan simulasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di beberapa Puskesmas yang ada di Kota Balikpapan.

Pelaksanaan simulasi ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang muncul saat vaksinasi yang diwacanakan akan dilakukan pada awal tahun 2021 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti mengatakan, persiapan pelaksanaan simulasi vaksinasi di sejumlah Puskesmas saat ini tengah berjalan.

Kegiatan simulasi ini merupakan persiapan yang dilakukan untuk menindaklanjuti rencana vaksinasi Covid-19 kepada sekitar 150 ribu warga Kota Balikpapan.

“Untuk pelaksanaan simulasi memang banyak yang harus dipersiapkan, di antaranya dengan menggunakan 4 meja dengan jarak 2 meter sehingga akan menyulitkan bagi Puskesmas yang memiliki ruangan yang tidak besar,” kata perempuan yang akrab disapa Dio ini kepada wartawan, Rabu (23/12).

Menurut Dio, bagi Puskesmas yang tidak memiliki fasilitas ruang yang besar diminta untuk membuat denah apabila pelaksanaan simulasi vaksinasi dilaksanakan di luar yang ruangan.

Hal ini dilakukan untuk memenuhi standar protokol kesehatan, dalam upaya penyebaran Covid-19 di masyarakat.

“Kami minta bagi Puskesmas yang tidak memiliki ruang yang besar, untuk berinisiatif membuat layout bagaimana kalau pelaksanaan vaksinasi tersebut dilakukan di luar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa pelaksanaan simulasi yang dilakukan di tiap-tiap Puskesmas akan didokumentasikan dalam bentuk video, yang kemudian akan dikirimkan ke Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.

Meski sudah ada target pelaksanaan vaksinasi bagi 150 ribu warga Kota Balikpapan, ia menambahkan hingga saat ini belum ada kepastian dari Pemerintah Pusat, terkait kuota yang akan diterima oleh Kota Balikpapan.

“Untuk saat ini memang jumlah sasaran target masyarakat yang akan divaksinasi memang belum ditetapkan, yang mengatur BPJS Kesehatan,” tambahnya.

(MAULANA/ KFPM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *