background img

DINAS KOMINFO KALTIM GELAR KEGIATAN PEMBELAJARAN BAGI PENGELOLA MEDIA

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Government Public Relation (GPR) sekarang ini bukan hanya melakukan hal biasa, tetapi sudah mengikuti perkembangan zaman, antara lain melakukan pengelolaan media dengan menentukan strategi komunikasi,  monitoring media dan
manajemen  isu.

Untuk itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman melakukan kegiatan pembelajaran Analisis Sosial Media.
Kegiatan pembelajaran dengan narasumber Silviana Purwanti dan Johantan Alfando dilaksanakan selama dua hari. Pesrta yang diundang pengelola media atau Humas masing-masing dari Universitas 17 Agustus 1945, Humas Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT), Humas Universitas Mulawarman, dan Humas Universitas Widya Gama Mahakam serta staf Diskominfo Kaltim. Bertempat di ruang laboratorium komputer Diskominfo Prov. Kaltim.

Silviana Purwanti selaku narasumber menjelaskan pengelola media di masing-masing lembaga/ institusi itu berusaha agar akun dikelola dengan baik, kemudian mengevaluasi perkembangan followers atau penggemar akun media kita dan lain sebagainya.

“Tujuan pembelajaran diantaranya, memahami dasar-dasar strategi komunikasi public relations, memahami isu dan opini publik, serta pemanfaatan media sosial,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dijelaskan tujuan komunikasi publik dengan media sosial agar dapat menyampaikan informasi positif, mendapatkan perhatian publik, berdialog dan meminta feedback publik, mengetahui interest publik terkait lembaga, menguasi diskusi
publik terhadap lembaga.

Lanjut Silviana terkait memahami isu dan opini publik bagi Public Relations (Humas), dengan cara pemetaan bagi pemangku kepentingan, pemetaan isu dan meredam krisis atau isu yang beredar. (adv)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.