background img

DEWAN USUL BANGUN TEMPAT WISATA KULINER TERPADU

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Suwanto meminta agar pemerintah kota mengembangkan tempat wisata kuliner terpadu.

Kebijakan ini dilakukan untuk menindaklanjuti penerapan Perda Zonasi PKL yang sudah mulai berlaku efektif di Kota Balikpapan sejak tahun ini.

Selain dapat menjadi wadah bagi para PKL, tempat wisata kuliner terpadu ini juga akan menjadi salah satu sumber pendapatan bagi daerah.

“Untuk saat ini yang saya lihat adalah memang wisata kuliner yang sangat kurang dikelola pemerintah,” kata Suwanto kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Balikpapan, Selasa (18/4).

Pembangunan tempat wisata kuliner terpadu ini, tentunya juga akan menjadi salah satu tempat wisata baru bagi Kota Balikpapan. Karena selama ini sangat jarang dikelola oleh pemerintah kota.

Untuk saat ini, ia melihat pengembangan tempat wisata masih lebih banyak terfokus di Pantai Manggar, yang hingga saat ini dinilai belum dikelola maksimal dalam menghasilkan pemasukan bagi pendapatan asli daerah (PAD).

Karena pemasukan yang dihasilkan hanya mengandalkan dari retribusi atau tiket masuk.

Sehingga diperlukan keseriusan dalam mengkalibrasikan untuk mensinergikan instansi terkait dalam melihat potensi pendapatan daerah misalnya dengan meningkatkan kapasitas dari UMKM yang ada.

“Selanjutnya kita akan melakukan rapat kembali dengan beberapa instansi terkait untuk menentukan langkah yang dilakukan oleh masing-masing instansi yang ada dalam upaya meningkatkan potensi PAD.

Kita tidak hanya melibatkan instansi yang ada di lingkungan pemerintah kota tapi kita berencana akan melibatkan pihak swasta sebagai perbandingan untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada,” ujarnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.