background img

DEWAN SOROTI PROYEK TELAGA SARI

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Hingga saat ini belum ada kejelasan terkait penyelesaian proyek perbaikan waduk Telaga Sari.

Proyek yang telah dikerjakan sejak September 2021 lalu tersebut, hingga memasuki tahun 2022 tidak kunjung selesai.

Pelaksanaan proyek ini merupakan tindak lanjut dari kejadian mengeringnya air Waduk Telaga Sari secara mendadak, pada 17 Mei 2021 lalu.

Pemerintah Kota Balikpapan telah menunjuk kontraktor pelaksana pekerjaan ini, yang sepenuhnya pembiayaan melalui skema Dana Tidak Terduga (DTT).

“Meski pakai DTT, tetap ada batas waktunya,” kata Ketua Komisi III DPRD Kota Balikpapan Alwi Al Qodri kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Balikpapan, Kamis (24/2).
Untuk menyikapi persoalan tersebut, lanjut Alwi, pihaknya akan menjadwalkan untuk melakukan kegiatan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi proyek pengerjaan perbaikan waduk Telaga Sari.
Hal ini dilakukan untuk melihat langsung perkembangan pekerjaan proyek perbaikan waduk Telaga Sari, yang telah dikerjakan sejak kepemimpinan Wali Kota Balikpapan sebelumnya, Rizal Effendi.

“Nanti kita akan coba melihat bagaimana perkembangannya. Karena mungkin pasti ada masalah juga. Tentunya, mengerjakan yang bocor itu kan perlu kehati-hatian, tidak gampang. Nanti kita akan sidak,” ujar politisi partai Golkar tersebut

Sesuai dengan hasil rekomendasi yang dibuat oleh BWS Kalimantan IV Samarinda, pengerjaan perbaikan waduk Telaga Sari dilakukan dengan cara mengupas sampai bersih permukaan dasar waduk sebelum dilapisi blanket atau lapisan kedap air.

Hal ini bertujuan untuk membuat permukaan dasar waduk menjadi kedap air kembali dan air dapat kembali menggenang di waduk. Lapisan blanket ini akan mempergunakan sejenis tanah liat khusus yang didatangkan dari luar Kota Balikpapan.

“Kita pasti akan tindaklanjuti, sejauh mana ini progressnya. Kenapa itu jadi terlalu lama?,” ujarnya.

Alwi menambahkan bahwa untuk bulan ini pihaknya masih fokus untuk menyelesaikan pembentukan AKD (alat kelengkapan dewan). Sehingga kegiatan di komisi sedikit vakum sambil menunggu AKD.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.