background img

DEWAN MINTA TINGKATKAN PERAN RT DAN KELURAHAN UNTUK ATASI MASALAH SAMPAH

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Seiring dengan rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur, mendorong tingkat pertumbuhan penduduk yang cukup signifikan.

Dengan peningkatan jumlah penduduk tersebut maka persoalan sampah yang dihasilkan jumlah semakin meningkat.

Tidak hanya masalah menyangkut volume sampah yang dihasilkan, namun juga pergeseran budaya disiplin membuang sampah yang berubah seiring dengan pertambahan jumlah pendatang.

“Kondisi kota Balikpapan 5 tahun yang lalu dikenal dengan kota yang bersih, indah dan nyaman. Namun ternyata ada perubahan sesuatu dengan adanya pertambahan masyarakat kota Balikpapan dari orang-orang yang masuk dengan membawa budaya, sehingga salah satunya mengubah tatanan yang sudah kita anut satu salah satunya adalah terkait masalah sampah, menyangkut ketertiban jam membuang sampah,” kata Anggota Komisi III DPRD Kota Balikpapan Syarifuddin Odang dalam program talkshow di radio KPFM Balikpapan, Senin (9/10/2023).

Untuk mengatasi hal tersebut, dirinya sudah mengusulkan kepada pemerintah untuk bekerjasama lagi dengan pihak setempat baik di tingkat RT dan Kelurahan di mana TPS itu berada.

Tapi ternyata ada orang-orang yang tidak berdomisili di wilayah tersebut ikut membuang sampah di daerah itu.

“Hal ini tentunya menjadi PR kita bersama, sebagian besar masyarakat kota Balikpapan ini terutama di tingkat bawah itu sudah mengerti,” ucapnya.

Hal yang seharusnya ditanamkan kembali adalah dengan meningkatkan peran l RT dan kelurahan untuk bersama-sama menjaga lingkungan, sehingga kalau ada yang membuang di luar ketentuan langsung menegur agar ketertiban dan kebersihan kota Balikpapan dapat tetap terjaga.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *