background img

DEWAN MINTA RETRIBUSI SAMPAH DIMAKSIMALKAN

5 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan meminta agar pemerintah kota memaksimalkan capaian pemasukan dari retribusi sampah.

Hal itu karena capaian retribusi sampah merupakan salah satu potensi pendapatan asli daerah yang kerap tidak tercapai dan diindikasikan masih terjadi kebocoran.

“Kita bukan mencari untung, tapi karena masyarakat juga diwajibkan untuk membayar retribusi,” kata Ketua Komisi 2 DPRD Kota Balikpapan H Haris kepada wartawan, Jumat (29/1).

Menurut Haris, retribusi persampahan merupakan salah satu retribusi yang belum maksimal penyerapan dalam laporan penerimaan pendapatan asli daerah (PAD).

Dari target Rp 13 miliar yang ditetapkan di tahun 2020 lalu, yang terealisasi hanya sekitar Rp 12 miliar.

Retribusi persampahan menjadi salah satu retribusi yang tidak maksimal penyerapan, setelah perparkiran dan retribusi kesehatan.

Haris meminta agar pemerintah kota dapat meningkatkan penyerapan pemasukan daerah dari sektor retribusi persampahan sebagai salah satu upaya untuk memaksimalkan pemasukan daerah di tengah situasi krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Kita minta agar pemasukan daerah dari retribusi yang belum dimaksimalkan agar dapat dimaksimalkan untuk mendukung penyerapan PAD, kita memang tidak bisa menekan yang untuk memaksimalkan PAD tapi kami memberitahukan kepada mitra kami misalnya DLH, untuk memaksimalkan penyerapan potensi retribusi dari persampahan ini,” jelasnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *