background img

DEWAN MINTA OPSI SELAIN REFOCUSING

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan meminta agar pemerintah kota menyusun kembali program untuk membantu masyarakat yang terkena dampak akibat penyebaran Covid-19.
Kebijakan itu diharapkan dilakukan tanpa harus melalui refocusing anggaran yang sudah ditetapkan, namun hanya merelokasikan anggaran yang sudah ada.
“Saya tidak berbicara pada refocusing. Tapi saya lebih menekankan agar pemerintah bisa memikirkan masyarakat yang terkena dampak Covid 19, mungkin ada alokasi anggaran yang tidak harus melalui mekanisme refocusing, tapi bisa dianggarkan untuk penanganan program tersebut,” kata Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh kepada wartawan usai memimpin Sidang Paripurna Istimewa HUT Kota Balikpapan ke 124, Senin (8/2).

Menurut Abdulloh, dirinya meminta kepada pemerintah kota agar menyusun beberapa formulasi program untuk membantu warga yang terkena dampak Covid-19. Tidak harus dalam bentuk bantuan sosial, namun lebih kepada program.
“Pada dasarnya, saya tidak keberatan apabila pemerintah menyiapkan program dalam membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19, apabila ada kelebihan anggaran yang telah dialokasikan bisa dialihkan penggunaannya. Tidak harus dalam bentuk bantuan sosial, tapi adalah kontribusi pemerintah untuk membantu masyarakat,” ujarnya.
Ia menyampaikan, pihaknya juga masih mengevaluasi tingkat ancaman penyebaran Covid-19, bukan hanya pada penambahan jumlah kasus terkonfirmasi positif. Namun juga pada tingkat kesembuhan dan faktor lainnya.
“Memang kuncinya untuk menangani kasus ini adalah bersabar, karena wabah ini bukan hanya di Kota Balikpapan tapi mendunia, dan kita juga masih mengevaluasi tingkat keparahan kasus yang ada di Kota Balikpapan. Bukan hanya pada penambahan jumlah kasus, tapi juga mempertimbangkan pada tingkat kesembuhan dan lainnya,” terangnya.

Yang jelas, lanjut Abdulloh, sangat diperlukan peran masyarakat bersama pemerintah untuk bergotong-royong dalam melawan Covid-19.
“Kami akan tetap melihat kemampuan keuangan, yang jelas DPRD akan melihat kepada masyarakat kelas menengah ke bawah yang terpapar akibat Covid-19. Kita sedang menyiapkan formula bagaimana mengalokasikan anggaran untuk membantu mereka,” tambahnya.
(MAULANA/ KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *