background img

DEWAN DUKUNG ALOKASI OPERASIONAL RT UNTUK COVID-19

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan mendukung usulan pemberian dana operasional RT dalam upaya menangani Covid-19.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Khusus Covid-19 DPRD Kota Balikpapan Syukri Wahid dalam menanggapi keluhan sejumlah pengurus RT dalam melaksanakan pelaksanaan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di wilayahnya.

Karena memang belum ada alokasi yang disiapkan khusus untuk membiayai operasional penanganan Covid-19 di tingkat RT.

Sehingga untuk saat ini, masyarakat saat ini masih melaksanakan penerapan PPKM mikro di wilayahnya dengan menggunakan dana swadaya dari masyarakat sendiri.

“Kebijakan ini untuk menjawab keluhan dari sejumlah masyarakat yang saat ini masih melaksanakan penerapan PPKM mikro di wilayahnya dengan menggunakan dana swadaya dari masyarakat, kami di DPRD memahami keluhan masyarakat tersebut.

Mereka menyampaikan bahwa kenapa Satgas ini dibentuk di tingkat RT tapi tidak diberikan dan operasional,” kata Syukri kepada wartawan, Kamis (25/2).

Untuk saat ini, lanjut Syukri, pihaknya bersama dengan Pemerintah Kota sedang melakukan pembahasan untuk mengkaji rencana penerapan kebijakan pemberian dana operasional penanganan Covid-19 di level RT.

Ada beberapa opsi yang akan lakukan untuk pembiayaan operasional RT, yang pertama adalah melalui dana Kelurahan dan yang kedua adalah melalui anggaran refocusing.

“Secara pribadi saya mendukung apabila ada kebijakan yang menerapkan pelaksanaan refocusing dalam membiayai operasional RT untuk penerapan PPKM mikro di wilayahnya, untuk saat ini usulan tersebut masih dalam proses pembahasan yang ada di legislatif untuk disetujui dalam penerapan alokasi anggaran yang dialokasikan dalam Perda refocusing anggaran penanganan Covid 19,” pungkasnya.

(MAULANA/ KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *