background img

DEWAN DORONG PENINGKATAN SEKOLAH SWASTA

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan meminta agar pemerintah kota dapat mendorong peran sekolah swasta dalam mencukupi kebutuhan fasilitas pendidikan.

Wakil Ketua Komisi 4 DPRD Kota Balikpapan Iwan Wahyudi mengatakan, usulan itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan fasilitas pendidikan yang kerap menimbulkan persoalan setiap tahun ketika jadwal penerimaan siswa baru.

Menurut Iwan, salah satu upaya untuk meningkatkan peran sekolah swasta adalah memberikan subsidi kepada siswa yang ada di sekolah swasta.
Dengan adanya subsidi bagi siswa yang di sekolah swasta diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah swasta.

“Ini tentunya bisa menjadi jalan keluar bagi orang tua yang anaknya dimasukkan di sekolah swasta agar tidak terbebani, karena pada dasarnya persoalan mereka ketika masuk sekolah swasta adalah persoalan biaya,” kata Iwan kepada wartawan, Minggu (14/2).

Menurut Iwan, kapasitas sekolah negeri yang terbatas kerap menjadi persoalan setiap tahun ketika jadwal penerimaan siswa baru. Sebagian orang tua yang anaknya tidak diterima di sekolah negeri, keberatan anaknya dimasukkan ke sekolah swasta karena terbebani biaya.

Sehingga dengan memberikan subsidi kepada siswa yang ada di sekolah swasta, orang tua yang anaknya tidak diterima di sekolah negeri, tidak keberatan anaknya dimasukkan di sekolah swasta.

“Kalau kita melihat dari visi misi yang kemarin disampaikan oleh pasangan Rahmad-Tohari, salah satu isinya adalah memberikan subsidi kepada sekolah swasta. Jadi putra-putri yang kita yang tidak berhasil masuk di negeri itu akan disubsidi ketika bersekolah di sekolah swasta, dengan besaran tertentu,” terangnya.

Ia berharap agar program subsidi ini dapat direalisasikan pada tahun ini, sehingga dapat menjadi solusi dalam mencukupi kebutuhan fasilitas pendidikan di Kota Balikpapan.
“Apakah visi ini bisa dijalankan nanti di tahun ini atau tahun depan, kita lihat nanti perkembangannya,” tuturnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *