background img

DEWAN DORONG PENGEMBANGAN PERTANIAN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Subari meminta agar pemerintah kota dapat mengembangkan potensi pertanian dalam mencukupi kebutuhan.

Menurut Subari, pada dasarnya Kota Balikpapan memiliki potensi untuk mengembangkan pertanian, karena ketersediaan lahan. Sehingga yang dibutuhkan hanya keseriusan dari pemerintah kota dalam mendorong pengembangan pertanian di daerah.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi ketergantungan ketersediaan stok bahan pokok di Kota Balikpapan yang hampir 90 persen dipasok dari luar daerah.

“Memang kita akui ya, untuk saat ini lahan pertanian yang sudah dimaksimalkan itu tidak banyak, tapi kalau diupayakan sebenarnya bisa, karena lahan sudah ada. Tinggal political will dari pemerintah,” kata Subari kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Balikpapan, belum lama ini.

Untuk merealisasikan hal tersebut memang tidak mudah, diperlukan keseriusan dari pemerintah bersama instansi terkait lainnya. Sehingga semangat untuk memberdayakan petani lokal ini benar-benar bisa direalisasikan.

“Memang ini tidak bisa dilakukan secara simsalabim ya, harus bersinergi antara pemerintah kota dalam memaksimalkan peran petani lokal. Sehingga semangat untuk memberdayakan petani lokal ini benar-benar bisa direalisasikan. Untuk saat ini, memang hanya sekitar 10 persen peran petani lokal dalam mencukupi kebutuhan pangan di Kota Balikpapan, sehingga dibutuhkan peran dinas terkait untuk memaksimalkan peran dari petani lokal yang ada,” ujarnya.

Ia berharap agar rencana ini bisa benar-benar direalisasikan dalam memastikan ketersediaan stok bahan pokok di Kota Balikpapan. Termasuk mendorong kinerja dari Dinas Perdagangan Kota Balikpapan dalam memaksimalkan UMKM, agar mampu mencukupi kebutuhan di daerah.

“Saya mendengar ada informasi dari Dinas Perdagangan yang akan memaksimalkan peran dari UMKM lokal, tapi saya menginginkan hal ini bukan hanya menjadi sebuah seremonial saja, tapi bisa direalisasikan. Hal ini dilakukan agar peran petani lokal yang ada itu bisa lebih diprioritaskan dan dikembangkan. Untuk memakmurkan kota Balikpapan,” ungkapnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.