background img

DEWAN BENTUK PANSUS PERUSDA MANUNTUNG

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan membentuk Panitia Khusus untuk menindaklanjuti persoalan Perumda (Perusahaan Umum Daerah) Manuntung Sukses.

Anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan Syukri Wahid mengatakan, pihaknya telah beberapa kali melakukan pembahasan untuk menindaklanjuti persoalan kinerja dari Perumda Manuntung Sukses yang dinilai tidak produktif, dalam memberikan kontribusi terhadap pemasukan daerah.

Berdasarkan data yang diterima Komisi II, Perumda Manuntung Sukses hanya mampu menghasilkan pemasukan daerah sebesar Rp 17 juta per tahun. Besaran tersebut dinilai terlalu kecil apabila dibandingkan dengan besaran penyertaan modal yang sudah direalisasikan oleh pemerintah kota, yang tercatat sudah mencapai Rp 40 miliar.

“Dalam sidang paripurna telah disetujui DPRD Balikpapan membentuk Pansus yang bertujuan untuk menindaklanjuti persoalan yang terjadi di Perumda Manuntung Sukses,” kata Syukri kepada wartawan, Jumat (9/11).

Menurut Syukri, Pansus ini bertugas untuk mengevaluasi kinerja dari Perumda Manuntung Sukses yang dinilai tidak produktif dalam memberikan kontribusi terhadap pemasukan daerah.
Ia menuturkan Pansus yang dibentuk juga memiliki wewenang untuk mengajukan permohonan bantuan kepada BPK RI dalam melakukan audit lanjutan.

“Kemarin sudah diaudit terkait kinerja yang ditelah dilakukan oleh Perumda, namun untuk menindaklanjuti temuan tersebut kita akan meminta bantuan dari BPK untuk melakukan audit lanjutan terkait temuan tersebut,” pungkasnya.
Ia menambahkan, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perusahaan Daerah Manuntung Sukses telah diubah statusnya menjadi Perusahaan Umum Daerah sesuai dengan Perda nomor 4 tahun 2018.

Perumda Manuntung Sukses membidangi sedikitnya 9 bidang usaha yang dijalankan, di antaranya mengelola proyek jaringan gas rumah tangga yang telah berjalan selama dua tahun ini.

(MAULANA/ KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *