background img

DEWAN BENTUK PANSUS LPJ WALI KOTA

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan mulai melakukan pembahasan pembentukan Panitia Khusus terkait Laporan Pertanggungjawaban Wali Kota Balikpapan.

Pembentukan Pansus ini dilakukan untuk menindaklanjuti jadwal masa akhir jabatan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang dijadwalkan akan berakhir pada 29 Mei 2021 mendatang.

Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Subari mengatakan, sesuai dengan hasil rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Balikpapan akan dibentuk 3 Pansus.

Ia menjelaskan, ketiga Pansus yang dibentuk tersebut yakni Pansus tentang Rencana Kerja (Renja) DPRD Kota Balikpapan, Pansus LPJ Wali Kota dan Pansus pembentukan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2021-2024.

“Sesuai dengan hasil rapat banmus kemarin kita menetapkan ada 3 Pansus. Pertama adalah pembentukan tentang Renja dewan. Kedua adalah Pansus tentang LPJ Wali Kota yang akan berakhir masa jabatannya. Dan yang ketiga adalah Pansus tentang pembentukan RPJMD untuk Walikota yang baru,” kata Subari kepada wartawan, Jumat (19/2).

Ia menjelaskan, dari tiga pansus yang dibentuk, khusus untuk Pansus LPJ Wali Kota merupakan salah satu yang sangat penting, karena memang bertujuan untuk mengevaluasi dari kinerja Wali Kota Balikpapan yang saat ini selama menjabat.

“Sebenarnya tidak ada masalah terkait pembentukan Pansus LPJ ini, cuma kita hanya bertujuan untuk mengawasi dari LPJ yang disampaikan oleh Wali Kota. Sebenarnya Pansus LPJ ini biasanya memang kita bentuk tiap tahun, namun yang saat ini sangat penting karena dibentuk di masa akhir jabatan Wali Kota, kita akan ada koreksi nanti,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dapat pembahasan selanjutnya diminta kepada masing-masing fraksi yang ada di DPRD, mengirimkan utusannya dalam ke susunan Pansus ini.

“Untuk target pembentukan pansus ini, kita masih akan melakukan pembahasan beberapa kali lagi untuk menentukan strukturnya,” jelasnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *