background img

DENDA COVID TERKUMPUL 160 JUTA

5 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan mencatat denda yang terkumpul dalam kegiatan razia penerapan protokol kesehatan Covid-19 tercatat mencapai Rp160.100.000.

Jumlah tersebut merupakan hasil razia yang dilakukan oleh Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan sejak mulai diberlakukannya secara efektif denda bagi pelaku pelanggaran protokol kesehatan pada awal September 2020 lalu.

Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, Zulkifli mengatakan jumlah denda tersebut merupakan anggaran yang terkumpul sejak awal pelaksanaan razia hingga tanggal 15 Desember 2020.

“Kami sampaikan, untuk menjawab pertanyaan masyarakat terkait dana yang terkumpul, jadi hingga tanggal 15 Desember 2020 lalu kita mencatat jumlah denda yang terkumpul dari pelaksanaan razia protokol kesehatan catatan mencapai 160 juta lebih,” kata Zulkifli ketika diwawancarai wartawan, Kamis (24/12).

Menurut Zulkifli, dana yang terkumpul tersebut saat ini sudah diserahkan ke Kas Daerah sebagai laporan pertanggungjawaban dari Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan.

Ia menjelaskan, berdasarkan catatan Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan, sejak penerapan Perwali Kedisiplinan Penerapan Protokol Kesehatan pada awal September lalu, tercatat ada 5.325 pelanggaran protokol kesehatan yang telah ditandatangani.

Sebanyak 5.325 pelanggaran, lanjut Zulkifli, ada 716 pelaku pelanggaran memilih sanksi untuk memberi masker dan 2.934 pelaku pelanggaran memilih sanksi untuk melakukan kerja sosial. Dan yang memilih untuk membayar denda hanya 1.675 pelaku pelanggaran.

Sesuai dengan aturan di Perwali, bagi masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp 100 ribu. Sedangkan bagi pelaku usaha yang melanggar aturan protokol kesehatan didenda sebesar Rp 250 ribu.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *