background img

DD SALURKAN MODAL BANGKIT UMKM

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Setahun lebih pandemi Covid-19 melanda, hampir seluruh sektor perekonomian terdampak. Tidak sedikit pelaku usaha terpaksa harus menutup tempat usaha karena tidak sanggup bertahan.

UMKM merupakan sektor yang paling terdampak selama pandemi Covid-19. Padahal sekitar 70 persen tenaga kerja diserapkan di sektor UMKM.

Dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, Dompet Dhuafa menyiapkan program untuk membantu para pelaku UMKM untuk bangkit ri tengah situasi pandemi Covid-19.

Hikam Mubarok, Supervisor Program DD Kaltim mengatakan untuk tahun 2021 ini, pihaknya menargetkan akan menyalurkan bantuan kepada 50 pelaku usaha UMKM.

“Untuk tahun ini kita punya beberapa mitra di antaranya adalah Pertamina dan PLN, di tahun 2021 ini kita menjadikan dapat menyalurkan sebanyak 50 penerima manfaat jumlah ini naik dibandingkan tahun 2020 lalu yang hanya bisa tersalurkan sebanyak 15 penerima manfaat,” kata Hikam usai berdiskusi dengan manajemen Radio KPFM Balikpapan, Selasa (16/3).

Ia menjelaskan, dalam penyaluran bantuan pihaknya menargetkan kepada pelaku usaha yang masih dalam tahap pengembangan namun tekanan dampak akibat pandemi Covid-19.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Hikam, konsepnya tidak hanya memberikan bantuan modal, tapi pelaku usaha penerima manfaat akan terus didampingi dengan tidak ada batasan waktu hingga benar-benar mampu bertahan.
Dan setiap pelaksanaannya, memberikan perlakuan yang berbeda tergantung usaha yang dijalankan sehingga kita menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing penerima manfaat.

Dalam program ini, pihaknya tidak memberikan modal secara tunai namun diberikan bantuan secara modal peralatan usaha, termasuk juga bantuan dalam hal pengurusan perizinan hingga pengurusan sertifikasi halal.
Sementara itu, Agun Gunawan, Pimpinan Cabang DD Kaltim menambahkan di tengah situasi pandemi Covid-19, menjelang bulan suci Ramadan, pihaknya juga meningkatkan program untuk menyiarkan dakwah salah satunya adalah bekerjasama dengan radio KPFM Balikpapan.

Selain itu, di tengah situasi pandemi Covid-19, yang masih dalam lingkup bulan Ramadan, pihaknya juga menyiapkan sejumlah program untuk membantu masyarakat di antaranya dengan takjil, paket berbuka puasa, paket sahur dan sembako dhuafa.

“Kami juga di saat ini juga sedang menyiapkan beberapa program dakwah untuk menyiarkan dakwah, termasuk salah satunya dengan bekerjasama dengan radio KPFM Balikpapan,” ungkapnya.

(Maulana/ KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *