background img

DAYA TAMPUNG SMA/SMK MASIH DI BAWAH 50 PERSEN

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Tingkat daya tampung siswa dari sejumlah SMA maupun SMK di Kota Balikpapan masih 50 persen.

“Untuk saat ini tingkat penyerapan Sekolah Negeri baik itu SMA ataupun SMK bisa mencapai 49 persen. Makanya kami mendukung untuk pembangunan SMKN 7, supaya ditingkatkan lagi,” kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Balikpapan Imam Suja’i ketika diwawancarai wartawan, Rabu (21/9).

Ia menyampaikan bahwa untuk saat ini, memang untuk pendirian sekolah itu tidak mudah. Pendirian sekolah untuk SMA itu sudah dikurangi di wilayah perkotaan, kecuali di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Untuk saat ini, pemerintah lebih fokus untuk mendorong pendirian sekolah SMK.

“Alangkah baiknya, kalau anak-anak yang akan lanjut di SMA itu, melanjutkan di SMK. Sekarang kebijakan untuk membangun sekolah-sekolah SMA di kota-kota itu sangat sulit, karena memang diarahkan untuk dimasukkan ke SMK dengan perbandingan 60 persen SMK dan 40 persen SMA.

Untuk saat ini, keberadaan sekolah SMA di Kota Balikpapan sudah bisa dikatakan mencukupi. Untuk Kecamatan Balikpapan Kota itu ada SMA 1, untuk Kecamatan Balikpapan Barat ada SMA 3 dan SMA 8. Sedangkan di Kecamatan Balikpapan Utara ada SMA 6 sama SMA 9.

Di Balikpapan Timur ada SMA 7 dan di Balikpapan Selatan ada SMA 4 dan SMA 5. “Memang untuk Balikpapan Tengah tak ada, karena itu adalah daerah pengembangan kecamatan. Tapi siswa bisa ke SMA 1, bisa juga ke SMA 2,” jelasnya.

Sedangkan untuk SMK di Kecamatan Balikpapan Utara ada dua, SMK 6 dan SMK 2. Di Balikpapan Timur ada SMK 5. Sedangkan di Balikpapan Selatan ada SMK 1, SMK 3 dan SMK 4. Sedangkan yang tidak ada SMK itu di Kecamatan Balikpapan Barat.

“SMK ada 6, SMA ada 9, SLB ada 1. Kalau kita berbicara jumlah sekolah antara negeri dan swasta cukup,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk siswa yang tidak tertampung di sekolah negeri diarahkan untuk bersekolah di swasta, karena juga tidak kalah kualitasnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.