background img

DARING MASIH JADI PILIHAN

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Ujian Sekolah (US) untuk siswa kelas enam SD dan penilaian akhir tahun untuk kelas tujuh dan delapan tingkat SMP telah dimulai, Senin (24/5) hari ini.

Pada tingkat SD ujian diikuti oleh 11.435 peserta didik dari 184 sekolah negeri dan swasta se-Kota Balikpapan. Sedangkan penilaian akhir tahun SMP diikuti oleh 20.184 peserta didik kelas tujuh dan delapan dari 75 sekolah negeri dan swasta.

Dalam pelaksanaannya, peserta didik diberikan pilihan. Boleh mengikuti secara daring atau online dan tatap muka atau ujian di sekolah jika terkendala perangkat pendukung untuk mengikuti ujian daring.

Bedasarkan pemantauan KPFM di beberapa sekolah, tampak tak ada satu pun peserta didik yang datang mengikuti ujian tatap muka. Mereka lebih memilih ujian dari rumah atau daring.

Di SDN 003 Balikpapan Kota misalnya. Hanya para wali kelas enam yang terlihat. Sejak pagi pukul 07.30 Wita mereka sudah stand by depan laptop yang sudah disiapkan untuk pelaksanaan ujian daring.

“Gurunya saja yang di sekolah, karena sesuai dengan hasil rapat dengan orang tua murid diputuskan jika ujian dilakukan secara daring. Jadi muridnya di rumah,” kata Kepala SDN 003 Balikpapan Kota Puji Sadarani saat ditemui di sekolahnya.

Namun pihak sekolah tetap menyiapkan opsi apabila ada orang tua murid yang meminta tatap muka dengan alasan tertentu. Seperti kuota internet habis, handphone rusak dan lainnya.

“Bagi yang tiba-tiba meminta tatap muka karena misalnya kuotanya habis atau karena hal lain, kami tetap fasilitasi. Sudah kami siapkan print out ujiannya, jadi kalau dia datang tinggal ujian seperti biasa,” ujarnya.

Pada hari pertama ini, tidak ditemukan kendala yang berarti. Para murid bahkan tidak ada yang bolos atau tidak mengikuti ujian. “Tadi saat absen kami berikan waktu 30 menit via zoom. Semuanya hadir. Alhamdulillah tidak ada kendala hari ini,” ungkapnya.

Di SDN 001 Balikpapan Kota juga demikian. Tak ada murid yang turun ke sekolah. Hanya para wali kelas enam. “Kita ujian melalui daring. Ada 163 murid kelas enam yang ikut,” tutur Kepala Sekolah SDN 001 Balikpapan Kota, Windu Gunawan.

Semua orang tua murid, lanjut Windu, sudah setuju bahwa pelaksanaan ujian sekolah dilakukan secara daring. Karena selama ini riwayat atau historis pembelajaran di SD 001 semuanya secara online.

“Secara perangkat mereka sudah memilikinya, yang kedua selama masa pandemi ini orang tua juga masih was-was. Sehingga kita masih daring sebagai langkah antisipasi,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *