background img

DANA KELURAHAN UNTUK COVID

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan mengalihkan sebagian dana kelurahan untuk membiayai operasional Rukun Tetangga (RT) dalam menangani upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kemarin kita sudah sampaikan kepada Pansus, bahwa ada dua permintaan RT kepada Walikota. Pertama, RT minta dana operasional Covid-19 dan yang kedua mereka meminta agar jumlah dana bantuan sosial yang akan didistribusikan kepada warga terdampak tidak berkurang,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi selaku Ketua Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan, Kamis (1/10).

Menurutnya, usulan dari para pengurus RT di Kota Balikpapan tersebut telah disampaikan oleh Pemerintah Kota Balikpapan kepada Pansus Covid-19 DPRD Kota Balikpapan.

Pada dasarnya, Pansus Covid-19 DPRD Kota Balikpapan menyetujui usulan tersebut. Setiap pengurus RT akan diberikan dana operasional untuk membantu upaya penanggulangan Covid-19 di wilayahnya.

“Berdasarkan jawaban dari Pansus Covid-19 di DPRD Balikpapan, mereka menyetujui untuk memberikan insentif kepada ketua RT sebagai dana operasional penanganan Covid di lingkungannya,” jelasnya.

Namun ia menerangkan bahwa belum bisa menyebutkan berapa banyak anggaran yang akan dialokasikan kepada masing-masing pengurus RT sebagai dana operasional penanganan Covid-19.

Hal itu karena proses pembahasan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan 2020 telah selesai.

“Kita masih belum bisa menentukan anggaran yang akan dialokasikan, karena pembahasan terkait anggaran perubahan sudah selesai,” terangnya.

Untuk saat ini, pihaknya berencana akan mengalihkan sebagian anggaran kelurahan untuk dipergunakan bagi pengurus RT dalam program pencegahan penyebaran Covid-19, yang saat ini masih dalam proses pembahasan.

“Kebijakan tersebut saya kira tidak menyalahi aturan karena penggunaan dana alokasi untuk kelurahan, atau dana desa tersebut memang sebagian sudah dipergunakan untuk penanganan Covid-19,” ungkapnya
Ia menjelaskan, berdasarkan alokasi anggaran yang sudah ditetapkan, masing-masing kelurahan di Kota Balikpapan dialokasikan dana operasional sebesar Rp350 juta per tahun.

Dana tersebut dinilai mencukupi untuk dialih pengunaan sebagai dana operasional RT dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kebijakan tersebut masih kita bahas. Apakah anggaran operasional Kelurahan tersebut yang akan dialihkan untuk operasional RT, kita tunggu saja hasil pembahasannya,” pungkasnya.

(MAULANA/ KFPM)

Article Categories:
Uncategorized

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *